PELAKSANAAN EVALUASI FORMATIF BIDANG STUDI BIOLOGI DI MTs INAYATULLAH DESA GASING KEC. TALANG KELAPA BANYUASIN

R, SURYANI (2014) PELAKSANAAN EVALUASI FORMATIF BIDANG STUDI BIOLOGI DI MTs INAYATULLAH DESA GASING KEC. TALANG KELAPA BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I - V RPPi.docx

Download (206kB)

Abstract

Perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia kini masih menjadi isu yang menarik pengambilan kebijakan dalam pendidikan, dengan para guru yang merasa lebih memahami dunia nyata dilapangan. Namun masalah yang paling parah pada setiap sistem pendidikan yaitu kurangnya evaluasi yang efektif, sering terjadinya perubahan dalam sistem pendidikan. Karena keberhasilan dalam setiap program pembelajaran dapat ditunjang dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran khususnya evaluasi formatif. Permasalahan yang dibahas dalam pepelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bidang Studi Biologi di MTs Inayatullah Desa Gasing Kec. Talang Kelapa Banyuasin. Responden pendukung dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII sebannyak 6 orang dan alat pengumpul data yang berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini dapat di peroleh kesimpulan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bidang Studi Biologi sudah berjalan baik, hal ini dapat dilihat dari berjalan lancarnya pelaksanaana evaluasi pembelajaran. Walaupun didalam pelaksanaanya terdapat beberapa Faktor-faktor yang mendukung dan faktor penghambat, diantara faktor pendukung dalam pelaksanaan evaluasi formatif yaitu Faktor pendukung secara internal didukung oleh semangat, motivasi, dan kemampuaan peserta didik dalam menguasai materi dan menjawab soal-soal yang diberikan. Sementara faktor eksternal meliputi sarana pembelajaran yang cukup memadai. Hal ini terlihat dari suasana ruangan belajar, tata ruang belajar, alat yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Sedangkan faktor penghambat yang dirasakan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran ini adalah keterbatasan jam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, kurangnya minat dan kesadaran peserta didik untuk belajar dan mentaati peraturan serta tata tertib dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Kata kunci : pelaksanaan evaluasi formatif, guru biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:37
Last Modified: 28 Sep 2021 04:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13770

Actions (login required)

View Item View Item