PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA DIAGRAM DENGAN MEDIA MODEL SUSUN (BUILD UP MODEL) DALAM MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI. MUHAJIRIN PALEMBANG

HARLIYANI, ENDANG (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA DIAGRAM DENGAN MEDIA MODEL SUSUN (BUILD UP MODEL) DALAM MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI. MUHAJIRIN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab 1.docx

Download (46kB)
[img] Text
Bab 2 & 3.docx

Download (92kB)
[img] Text
Bab 4 & 5.docx

Download (87kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, dua unsur yang sangat penting yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan, termasuk karakteristik siswa. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media diagram dalam materi organ tubuh manusia pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Muhajirin Palembang, bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media model susun dalam materi organ tubuh manusia pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Muhajirin Palembang dan apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media diagram dengan media model susun dalam materi organ tubuh manusia di MI Muhajirin Palembang.Jenis penelitian adalah jenis penelitian Eksperimen (experimental method). Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil satu sampel yaitu sampel kelas yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media diagram dan media model susun pada waktu yang berbeda. Adapun sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik jenuh sampling yaitu yaitu dengan mengambil sampel dari semua populasi. Hal ini dilakukan bila jumlah populasi relative kecil, kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (post-test 1 dan 2), dan dokumentasi. Untuk menganalisa data dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan teknik analisa kuantitatif dan statistik dengan rumus Uji test “t” dan TSR. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media diagram dan media model susun pada materi organ tubuh manusia dilihat dari hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media diagram adalah 10,49 sedangkan pada kelas eksperimen dengan menggunakan media model susun 78,84. Adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang diajar dengan menggunakan media diagram dan media model susun yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi organ tubuh manusia, hal ini dilihat dari hasil uji t hitung yang besarnya diperoleh dalam perhitungan (to = 4,41) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt.ts.5% = 2.06 dan tt.ts. 1% = 2,79) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt ; yaitu 2,06<4,41>2,79. Maka Hipotesis Nihil (Ho)yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya perbedaan skor hasil belajar siswa MI antara yang megunakan media diagram dan media model susun merupakan berbedaan yang berarti atau perbedaan yang signifikan. Kata kunci : Media diagram,media model susun, Mata pelajaran IPA, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:31
Last Modified: 28 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

View Item View Item