PENGARUH OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DALAM MENANGGULANGI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI MADRASAH ALIYAH BABUSSALAM PAYARAMAN KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR

NASHIHIN, INDAT (2013) PENGARUH OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DALAM MENANGGULANGI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI MADRASAH ALIYAH BABUSSALAM PAYARAMAN KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH.

[img] Text
SKRIPSI INDAT BAB I - DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (123kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Pengaruh Optimalisasi Pendidikan Islam di Sekolah Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa di Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : Bagaimana tingkat Optimalisasi Pendidikan Islam yang dilakukan di Madarasah Aliyah Babussalam Payaraman OI ? Bagaimana tingkat Perilaku menyimpang Siswa di Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman OI ? Apakah ada Pengaruh antara Optimalisasi Pendidikan Islam di Sekolah terhadap Perilaku menyimpang Siswa di Madrasah Aliyah Babussalam Pa yaraman OI ? Dari sisi metodologi, dan penelitian ini diperoleh dari 60 siswa kelas XI Madrasah Aliyah Babussalam, dan beberapa guru yang memberikan informasi dengan menggunakan angket berstruktur untuk para siswa, wawancara untuk pihak sekolah, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Fild Riset (Penelitian Lapangan) dan di analisis dengan menggunakan rumus (TSR), selanjutnya untuk melihat hubungan antara variable x dan y di analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif (uji statistik) dan korelasi product moment. Dari analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara optimalisasi pendidikan Islam di sekolah dengan perilaku menyimpang siswa di Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Berdasarkan hasil analisa statistik bahwa taraf signifikan 5% = 0,250 dan 1% = 0,325, ternyata hasil Rxy ( -0,867) adalah jauh lebih besar dari r tabel. Dengan demikian hipotesa yang berbunyi: Semakin optimal pendidikan Islam yang di laksanakan di sekolah maka akan semakin kecil frekuensi terjadinya perilaku menyimpang siswa. Dari hasil penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa Tingkat optimalisasi pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir tergolong sedang. Hal ini Dapat di lihat 42 siswa atau 70% dari 60 responden mengatakan bahwa optimalisasi pendidikan Islam di sekolah mereka sudah dilaksanakan oleh sekolah terutama oleh guru mereka, namun belum mencapai tingkat optimal. Selain dari pada itu juga tingkat perilaku menyimpang siswa di Madrasah Aliyah Babussalam Payaraman terkategori sedang yaitu terdapat 34 siswa (56,67%) dari 60 responden dan tidak ditemukannya perilaku-perilaku menyimpang yang berat, namun masih ditemukan siswa-siswa absen dari sekolah, keluar kelas pada jam pelajaran berlangsung tanpa alasan, tidak mau menunaikan sholat berjamaah, dan terlambat sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:31
Last Modified: 29 Sep 2021 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13826

Actions (login required)

View Item View Item