PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN SKI DALAM MATERI KISAH NABI MUHAMMAD SAW. DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG

MUARIFAH, KHASUNATUL (2012) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN SKI DALAM MATERI KISAH NABI MUHAMMAD SAW. DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I CD.docx

Download (110kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran SKI Dalam Materi Kisah Nabi Muhammad Saw. di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang. Pada pelajaran SKI guru sering menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan beberapa dampak antara lain: kurangnya minat dan perhatian siswa dalam belajar serta kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan alat atau bahan yang dapat membantu siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Sedangkan masalah yang diteliti adalah Bagaimanakah penerapan metode role playing, dan Bagaimanakah hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan metode role playing serta apakah ada perbandingan antara sebelum dan sesudah penerapan metode role playing tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran SKI dalam materi kisah Nabi Muhammad Saw. di MIN 1 Teladan Palembang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode role playing dan kegunaan diterapkannya metode ini agar anak didik mengembangkan imajinasi dan penghayatannya dengan memerankan sebagai tokoh hidup atau benda mati, hal ini diharapkan dapat mempengaruhi siswa agar lebih meresapi pelajaran SKI yang diajarkan. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data yaitu: Metode observasi digunakan untuk melihat metode apa saja yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar, Metode eksperimen adalah metode yang siswanya mencoba mempraktekkan suatu proses tersebut, setelah melihat/mengamati apa yang telah didemontrasikan oleh seorang demonstrator. Hasil Tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan tindakan pembelajaran, pandangan, pendapat guru, siswa, dan kepala sekolah terhadap metode role playing yang dikembangkan pada pelajaran SKI dalam Materi Kisah Nabi Muhammad Saw. di kelas V dengan populasi yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen serta metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sejarah sekolah, jumlah guru dan siswa, prestasi siswa, sarana dan prasarana, serta kegiatan yang ada di MIN 1 Teladan Palembang. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus to untuk menguji Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Kisah Nabi Muhammad Saw. Pada pembahasan ini hasil penelitian diperoleh t hitung 29,40 dan t tabel 2,03, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan metode role playing khususnya pada pelajaran SKI dalam materi kisah Nabi Muhammad Saw. agar hasil belajar siswa dapat meningkat dan menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:31
Last Modified: 28 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item View Item