IDENTIFIKASI JENIS SERANGGA YANG TERPERANGKAP PADA TANAMAN KANTONG SEMAR (Nepenthes sp.) DI LAHAN RAWA GAMBUT KETAPANG PROVINSI BANGKA-BELITUNG DAN SUMBANGANNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA

MANDALA PUTRA, SOBAR (2014) IDENTIFIKASI JENIS SERANGGA YANG TERPERANGKAP PADA TANAMAN KANTONG SEMAR (Nepenthes sp.) DI LAHAN RAWA GAMBUT KETAPANG PROVINSI BANGKA-BELITUNG DAN SUMBANGANNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I sd BAB III.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV dan V.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan karakteristik morfometrik serangga yang terperangkap pada kantong semar (Nepenthes sp.) serta mengetahui serangga dapat tertarik dan masuk ke dalam kantong. Pengambilan sampel dilakukan di lahan rawa gambut Ketapang, Provinsi Bangka-Belitung. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang berdasarkan tujuan tertentu Pengambilan sampel dipilih secara cermat sehingga relevan dengan struktur penelitian. Pengambilan sampel dengan mengambil sampel serangga yang dipilih menurut karakteristik morfometrik serangga. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan 3 ordo serangga (Hymenoptera, Orthoptera dan Hemiptera) dan 3 famili yang terdiri dari: Formicidae, Acriridae dan Pentatomidae. 5 spesies yang berhasil diidentifikasi adalah Oecophylla smaragdina, Odontoponera transversa, Anoplolepis custodiens, , Locusta migratoria dan Holcostethus limbolarius. Penyebab serangga dapat tertarrtarik masuk ke dalam kantong dikarenakan adanya permukaan bagian dalam kantong daun dilapisi oleh lilin kristal (cristal wax) yang membuat serangga tergelincir masuk dan tidak mampu keluar dari kantong. Aktivitas serangga yang mendekati kantong karena ketertarikan dengan cairan yang ada di dalam kantong. Sumbangsih penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan materi pembelajaran Biologi, Bab Keanekaragaman Hayati di kelas X SMA/ MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:34
Last Modified: 28 Sep 2021 06:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13877

Actions (login required)

View Item View Item