UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGENAL WUDHU’ MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS II SD NEGERI 2 TERUSAN KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

HADIMA, HADIMA (2014) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGENAL WUDHU’ MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS II SD NEGERI 2 TERUSAN KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I ibu hadimah.doc

Download (111kB)
[img] Text
BAB II HADIMAH.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III hadimah.doc

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV dan V Ibu Hadimah.doc

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mengenal Wudhu’ Melalui Metode Picture and Picture di Kelas II SD Negeri 2 Terusan Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin” Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa dalam mengenal wudhu’ di kelas II SD Negeri 2 Terusan Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin, hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya metode yang digunakan dalam mengajarkan materi mengenal wudhu’. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal wudhu’ di Kelas II SD Negeri 2 Terusan Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial sekolah secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis melalui pra siklus dan dua tahapan siklus, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal wudhu’ di siswa kelas II di SD Negeri 2 Terusan Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin, hal ini terbukti karena sebelum menggunakan metode demontrasi siswa hanya memperoleh nilai rata-rata 3,40 dari nilai KKM 70. Namun setelah menggunakan metode picture and picture terdapat adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Walaupun pada siklus pertama nilai rata-rata yang diperoleh siswa hanya 60 namun meningkat pada siklus kedua yaitu nilai rata-rata menjadi 7,80 dari nilai KKM 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah terbukti bahwa metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal wudhu’ di Kelas II SD Negeri 2 Terusan Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:35
Last Modified: 28 Sep 2021 06:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item View Item