HANDAYANI, SRI REJEKI (2013) PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (28kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Prinsip Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan”, merupakan penelitian yang penulis batasi pada pemikiran KH. Ahmad Dahlan mengenai prinsip-prinsip pemikiran pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan yang kemudian dikaitkan dengan prinsip pendidikan Islam. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yang berarti penelitian yang mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, keadaan yang terjadi pada saat penelitian di laksanakan. Yang mana penelitian ini mengarahkan pada problem kajian tentang prinsip pendidikan Islam perspektif KH. Ahmad Dahlan. Data yang digunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari pihak yang berhubungan dengan pengumpulan data, sedangkan sekunder adalah data penunjang yang diperoleh dari buku, arsip, majalah, skripsi yang ada relevansinya dengan pokok bahasan. Untuk mendapatkan data tersebut peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data, data tersebut dikumpulkan melalui studi kepustakaan, literatur dan penelaahan masalah yang berkaitan dengan penelitian ini, dalam menganalisis data dalam peelitian ini menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari penelitian yang dilakukan mengenai prinsip pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan, prinsip dasar pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan adalah berlandaskan pada tiga sumber yaitu; dari Al-Qur’an, sunnah, dan Ijma’. Sebelumnya dapat kita ketahui bahwa, pada saat itu KH. Ahmad Dahlan adalah seorang tokoh pendidikan yang memprakarsai pendidikan Muhammadiyah, mengapa demikian, karena beliau merasa belum puas terhadap pendidikan yang ada pada saat itu, pendidikan di Indonesia pada saat itu memiliki dua sistem pendidikan yang pertama yaitu bentuk pendidikan pondok pesantren (tradisional), dan pendidikan umum barat. Adapun metode yang digunakan masih menggunakan metode sorogan atau bandongan. Pada saat itulah merupakan salah satu tujuan pendirian Lembaga pendidikan Muhammadiyah. Jika dikaitkan antara relevasi prinsip KH. Ahmad Dahlan terhadap prinsip pendidikan Islam ialah memiliki hubungan, diantara prinsip tersebut ialah prinsip integritas, keseimbangan, seumur hidup, persamaan dan keutamaan. Yang mana semua itu berhubungan dengan pemikiran pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 06:36 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 06:36 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13898 |
Actions (login required)
View Item |