EFEKTIFITAS SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 1 PALEMBANG

EMILIA, EMILIA (2013) EFEKTIFITAS SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi emi lengkap.docx

Download (171kB)

Abstract

Untuk merekayasa SDM berkualitas, yang mampu bersanding bahkan bersaing dengan negara maju, diperlukan guru dan tenaga pendidikan professional yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Salah satu kebijakan yang dikembangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kesejahteraannya ialah dengan mengadakan pelaksanaan sertifikasi guru. Jika seorang guru telah dinyatakan lulus dalam uji kompetensi, maka sebagai konsekuensinya ia akan mendapatkan tunjangan profesi dan dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas kinerjanya ketika melaksanakan tugas serta kewajibannya di lapangan. Di dalam penelitian ini, dirumuskan beberapa permasalahan yang akan diteliti yaitu bagaimana efektivitas sertifikasi guru PAI di MIN 1 Palembang? bagimana kualitas kinerja guru PAI di MIN 1 Palembang ? dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara efektifitas sertifikasi guru dengan kualitas kinerja guru PAI di MIN 1Palembang. Lokasi penenlitian ini di MIN 1 Palembang. Pada penenlitian ini populasinya berjumlah 5 guru, karena populasinya kurang dari 100 orang maka sampelnya diambil 100%. Jadi sampel pada penenlitian ini berjumlah 5 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ini terdiri dari angket, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi. Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan rumus statistic product moment. Setelah dilakukan analisa dari data yang diperoleh maka dapat diketahui bahwa: pertama, efektifitas sertifikasi guru berdasarkan penilaian sebagian besar berada pada kategori berkualitas cukup atau sedang artinya, dalam penilaian efektifitas sertifikasi guru tidak begitu tinggi atau baik tapi juga tidak begitu buruk atau rendah kualitasnya. Hal ini terbukti oleh responden yang tergolong dalam kategori tersebut berjumlah 5 orang (100%) dari 5 responden.kedua kualitas kinerja guru PAI di MIN 1 Palembang berdasarkan penilaian sebagian besar berada pada kategori berkualitas cukup atau sedang artinya, dalam penilaian efektifitas sertifikasi guru tidak begitu tinggi atau baik tapi juga tidak begitu buruk atau rendah kualitasnya. Hal ini terbukti oleh responden yang tergolong dalam kategori tersebut berjumlah 5 orang (100%) dari 5 responden. Ketiga, berdasarkan hasil analisis yang tertulis oleh penulis menyatakan bahwa tidak adanya pengaruh signifikan antara variabel X dan variabel Y, terbukti dari “r” Product Moment (0,174) jauh lebi kecil dibandingkan dengan “r” tabel taraf signifikan 5% = 0,878 dan 1% = 0,959. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara efektifitas sertifikasi guru dengan kualitas kinerja guru PAI di MIN 1Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:37
Last Modified: 28 Sep 2021 06:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item