KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK MENURUT AL-USTADZ UMAR BARADJA (Analisa Dalam Kitab Al-Akhlak Lil Banin)

ROHMAN, ROHMAN (2012) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK MENURUT AL-USTADZ UMAR BARADJA (Analisa Dalam Kitab Al-Akhlak Lil Banin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI.doc

Download (897kB)

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan zaman serta semakin cangihnya media informasi di era globalisasi ini, menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dan pendidik dalam mengasuh dan mendidik anak-anak merekadengan pendidikan yang bernilai relegius bagi kehidupan anak kelak. Konsep pendidikan akhlak anak yang diungkapkan oleh al-ustadz umar bardja memaparkan pentingnya pendidikan akhlak, dalam mendidik anak. Karena pada masa tersebut anak dapat dikatakan sebagai cikal bakal beberapa tahun yang akan datang. Pendidikan akhlak anak ini dianggap penting sekali karena setiap waktu dan zaman selalu berubah, dalam hal ini orang tua dan pendidik tidak sendirian dalam mendidik anak-anaknya beberapa media informasi yang cangih dan lingkungan tempat tinggal dapat masuk dengan bebasnya kedalam memori ingatan anak, sehingga kalau tidak mendapatkan pengarahan dan pendidikan yang serius dari orang tua dan pendidik, maka anak-anak tersebut akan terbawa arus globalisasi yang mengiring moral dan akhlak anak kearah yang tidak baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan historis faktual terhadap pemikiran tokoh. Data yang diperoleh berupa konsep yaitu terlebih dahulu mengikuti pola, alur dan cara berfikir al-Ustadz Umar Baradja, kemudian data yang diperoleh tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan nuansa baru dalam mendidika anak diera globalisasi. Penelitian ini mengunakan metode penelitian historis faktual terhadap pemikiran seorang tokoh yang memaparkan sebuah konsep lalu dianalisis dengan metode tersebut. adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pertama, pendidikan akhlak anak menurut al-Ustadz Umar Baradja adalah pendidkan yang sangat penting, karena pendidikan akhlak sendiri merupakan dari tujuan pendidikan agama Islam. Kedua, konsep pendidikan akhlak anak yang dikemukakan oleh al-Ustadz Umar Baradja sangat relevan dengan kondisi diera globalisasi sekarang ini, karena untuk membentengi anak-anak dari hal-hal yang dapat merusak aqidah dan akhlaknya. Dalam beberapa kasus dan peristiwa sering kita lihat dan kita saksikan peristiwa-peristiwa kriminal yang bermacam bentuk melibatkan anak-anak karena disebabkan oleh keringnya nuansa relegius anak yang bermula pada lingkungan dimana tempat anak tersebut. keluarga, masyarakat, sekolah, teman bermain merupakan semua unsur yang terlibat dalam mewarnai pendidikan akhlak anak. Untuk itu pendidikan dengan keteladanan dan adat kebiasaan merupakan cara yang tepat dalam mendidk akhlak anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:38
Last Modified: 28 Sep 2021 06:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item