PENGARUH TEKNIK BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM RESPIRASI DI KELAS XI SMAN 1 PEDAMARAN KAB. OKI

Rosita, Dina (2014) PENGARUH TEKNIK BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM RESPIRASI DI KELAS XI SMAN 1 PEDAMARAN KAB. OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DINA ROSITA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran selalu menggunakan metode konvensional, sehingga guru yang lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kurangnya keaktivan siswa, kesulitan memahami materi biologi dan rendahnya kesadaran belajar biologi siswa berdampak pada hasil belajar yang tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik buzz group untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem respirasi di kelas XI SMAN 1 Pedamaran Kab. OKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan kategori posttest-only control design. Variabel dalam penelitian ini adalah teknik buzz group sebagai variabel bebas dan hasil belajar biologi siswa sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengukur aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung, tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperolah informasi yang berhubungan dengan masalah penelitian. Analisis tes menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik buzz group untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem respirasi di kelas XI SMAN 1 Pedamaran Kab. OKI. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas eksperimen 77.58 yang lebih besar dari pada kelas kontrol 67.24 dengan harga thitung = 4.02 > ttabel = 2.00, pada taraf signifikan 5%. Demikian juga dari hasil observasi yang menunjukan 69.93% siswa termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: Teknik Buzz Group, Hasil Belajar Siswa, Sistem Respirasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:38
Last Modified: 28 Sep 2021 06:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13911

Actions (login required)

View Item View Item