PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK–PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN AREMANTAI KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KABUPATEN MUARA ENIM

NOVILIA, NOVILIA (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK–PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN AREMANTAI KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Think-Pair-Share dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MIN Aremantai Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Raden Fatah Palembang. Pembelajaran Kooperatif Metode Think-Pair-Share. Berdasarkan observasi peneliti ternyata di MIN Aremantai, Selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Metode ceramah masih menjadi pilihan dalam penyampaian materi, sehingga siswa cenderung bosan, dan kurang bersemangat untuk belajar. Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV MIN Aremantai Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim? 2) Seberapa efektifkah pembelajaran kooperatif dengan metode TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV MIN Aremantai Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim? Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah: 1)Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV MIN Aremantai 2) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif dengan metode TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS MIN Aremantai. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis menggabungkan interaksi antara sesama siswa sebagai latihan hidup di dalam masyarakat nyata. Think Pair Share adalah suatu metode kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berfikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Metode ini memperkenalkan ide“waktu berfikir atau waktu tunggu” yang menjadi faktor kuat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan. Prestasi merupakan hasil dari pemahaman yang didapat serta penguasaan nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum. Sehingga prestasi dapat diukur dengan nilai yang di dapat dari pengadaan tes maupun evaluasi belajar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan (2X35 menit) dan siklus II juga dilakukan dalam dua kali pertemuan (2X35 menit). Tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisa, menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Think-Pair-Share dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MIN Aremantai Kab Muara Enim, telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:38
Last Modified: 28 Sep 2021 06:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13912

Actions (login required)

View Item View Item