ISTINAH, YULI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI MENGENAL SIFAT WAJIB BAGI ALLAH SWT SISWA KELAS III SD NEGERI 18 MUARA TELANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I YULI ISTANAH.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II YULI ISTANAH.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III YULI ISTANAH.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV dan V YULI ISTANAH versi hasil.pdf Download (392kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kesanggupan, kecakapan, kemahiran seseorang melafazkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan sempurna menurut ukuran ilmu tajwid dan makharijul huruf serta kelancaran membaca. Karena itu seseorang yang berkemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar berarti dia juga harus dapat melafazkan huruf hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya serta mengerti dan dapat menerapkan hukum tajwid, kesimpulan ini telah memuat kriteria utama seseorang dikatakan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar namun demikian hal ini dapat di capai jika dalam pembelajarannya menggunakan metode atau cara yang tepat pula. Berdasarkan identifikasi masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas III SD Negeri 18 Muara Telang Dengan Materi Sifat Wajib Bagi Allah SWT. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sifat Wajib Bagi Allah SWT di kelas III SD Negeri 18 Muara Telang. Penelitian ini menggunakan analisis data yang relevan dan yang diterapkan adalah teknik analisis deskriptif-kuantitatif. Dengan teknik ini maka data yang telah dikumpulkan dari hasil penelitian akan dikelompokkan dan disederhanakan untuk selanjutnya disajikan dalam bentuk prosentase atau tabel. Hasil tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat terlihat pada prasiklus siswa yang memiliki hasil belajar kategori sangat baik sebanyak 8 orang atau 25% dari 32 orang siswa, hasil belajar kategori baik ada 3 orang atau 9,4% dari 32 orang siswa, hasil belajar kategori cukup ada 4 orang atau 12,5% dari 32 orang siswa, hasil belajar kategori kurang ada 5 orang atau 15,6% dari 32 orang siswa dan hasil belajar kategori sangat kurang 12 orang atau 37,5% dari 32 orang siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan dimana siswa yang memiliki hasil belajar kategori sangat baik sebanyak 18 orang atau 56,3% dari 32 orang siswa, Hasil belajar kategori baik sebanyak 5 orang atau 15,6% dari 32 orang siswa, hasil belajar kategori cukup ada 2 orang atau 6,3% dari 32 orang siswa, hasil belajar kategori kurang ada 7 orang atau 21,8% dari 32 orang siswa dan tidak ada lagi siswa yang memiliki hasil belajar sangat kurang. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang sangat baik yaitu untuk hasil belajar kategori sangat baik sebanyak 20 orang atau 62,5% dari 32 orang siswa, hasil kategori baik ada 12 orang atau 37,5% dari 32 orang siswa, dan tidak ada lagi siswa yang memiliki hasil belajar kategori cukup, kurang dan sangat kurang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 06:40 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 06:40 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13941 |
Actions (login required)
View Item |