PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM UPAYA MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MTS DESA CINTA KARYA KECAMATAN PLAKAT TINGGI, KABUPATEN MUSI BANYUASIN

SUKMAWATI, ATIK (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM UPAYA MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MTS DESA CINTA KARYA KECAMATAN PLAKAT TINGGI, KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB II PRINT RABU..docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV PRINT SENIN.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di MTs Desa Cinta Karya Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kreativitas belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperative tipe cooperative integrated reading and composition sebelum tatap muka dan setelah tatap muka. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas VII sebagai kelas eksperimen. Untuk mendapatkan data, penulis melakukan eksperimen dengan memberikan tes, jadi metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Dengan teknik analisa yang digunakan adalah tes t Dengan demikian hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukan hal-hal sebagai berikut: Kreativitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition mengalami peningkatan nilai rata-rata (mean), pada pretest yaitu 58,8 sedangkan nilai rata-rata (mean) post test yaitu 120,33. Serta mengalami peningkatan pada sifat kreativitas siswa yaitu: 10 (32,25%) siswa termasuk dalam kategori tinggi, 19 (61,29%) siswa termasuk kategori sedang, dan 2 (6,45%) orang termasuk kategori rendah. Dan ada perbedaan yang sangat signifikan terhadap kreativitas belajar siswa pada pre-test dan pos-test dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang diajarkan dengan menggunakan metode cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition yang dapat diinterpretasikan bahwa hipotesis nihil di tolak t1 5% < t0 > tt 1% atau 2,04< 2,786 > 2,75.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:42
Last Modified: 28 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item