PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BOLA BEKEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 PALEMBANG

PERMATASARI, NIA (2014) PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BOLA BEKEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

Kemampuan berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam mempelajari matematika. Kurangnya kemampuan berhitung siswa dalam operasi hitung bilangan bulat dikarenakan guru menjelaskan operasi hitung bilangan bulat tidak menggunakan pengalaman siswa sehari-hari dan ditambah media pembelajaran yang kurang mendukung, sehingga siswa sulit menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan permainan tradisional bola bekel sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas VII di SMP Negeri 38 Palembang pada operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasinya adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 38 Palembang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Terpilih peserta didik kelas VII-6 sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VII-5 sebagai kelompok kontrol. Pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelompok sama-sama diberi tes yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t). Berdasarkan hasil dari analisis data diperoleh bahwa penerapan permainan bola bekel dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 38 Palembang tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? R1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:06
Last Modified: 29 Sep 2021 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item View Item