PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI)TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH PADA SISWA KELAS V SD N 2 LINGKIS KEC. JEJAWI KAB. OKI

DIVI, AYU LESTA (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI)TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH PADA SISWA KELAS V SD N 2 LINGKIS KEC. JEJAWI KAB. OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI DIVI AYULESTA 10210046 PAI TARBIYAH.docx

Download (892kB)

Abstract

Suatu proses belajar mengajar dikatakan baik bila proses tersebut dapat membangkitkan kegiatan belajar yang efektif. Dalam proses belajar mengajar ini guru memegang peranan utama dalam serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan atas pertimbangan bahwa Strategi Pembelajaran yang diberikan saat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya menggunakan metode Ceramah dan Tanya jawab. Guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi maka akan berdampak pada hasil belajar siswa. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepan guru memilih dan menggunakan model, metode dan strategi pengajaran.     Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Iman kepada Kitab-Kitab Allah pada Siswa Kelas V SD N 2 Lingkis Kec. Jerjawi Kab. OKI.? 2. Apakah melalui Strategi Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat Menigakatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Iman kepada Kitab-Kitab Allah pada Siswa Kelas V SD N 2 Lingkis Kec. Jerjawi Kab. OKI?     Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen, Eksprimen adalah metode yang siswanya mencoba mempraktekkan suatu proses tersebut, setelah melihat atau mengamati apa yang telah didemonstrasikan oleh seorang demonstrator. Eksprimen dapat juga dilakukan untuk membuktikan kebenaran sesuatu, misalnya menguji hipotesis. Subjek penelitian ini diambil dari guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas V yang berjumlah 52.     Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan Strategi Pembelajaran Team Accelerated Instructions terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman kepada Kitab-Kitab Allah di kelas V SD N 2 Lingkis Kec. Jejawi Kab. OKI. Terdapat perbedaab yang signifikan natara hasil belajar siswa kelas eskperimen dan kelas control, hasilnya adalah Pada taraf signifikan 5%, atau = 2, 01. Pada taraf signifikan 1% atau= 2,Dengan demikian lebih besar dari pada yaitu : 2,01 < 4,27 > 2, 68. Jadi dapat disimpulkan bahwa Strategi pembelajaran Team Accelerated Instructions lebih baik hasilnya, jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Strategi pembelajaran Team Accelerated Instructions.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:06
Last Modified: 29 Sep 2021 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13970

Actions (login required)

View Item View Item