PENGARUH EFEKTIVITAS METODE HAFALAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTS KHOIRUL KASBI PALDAS

ANJELINA, RIA (2012) PENGARUH EFEKTIVITAS METODE HAFALAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTS KHOIRUL KASBI PALDAS. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB 1.doc

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (100kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ‘PENGARUH EFEKTIVITAS METODE HAFALAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTS KHAIRUL KASBI PALDAS’. Yang terdiri dari lima bab yaitu, pendahuluan, efektivitas metode hafalan dan prestasi belajar siswa, kondisi objek penelitian, analisa data dan penutup. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reisearch). Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana efektivitas metode hafalan siswa kelas VIII pada mata pelajaran BTA di Mts Khairul Kasbi Paldas, Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran BTA di MtTs Khairul Kasbi Paldas, Bagaimana pengaruh efektivitas metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran BTA surat pendek di MTs Khairul Kasbi Paldas. Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui efektivitas metode hafalan siswa kelas VIII pada mata pelajaran BTA di Mts Khairul Kasbi Paldas, Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran BTA di MTs Khairul Kasbi Paldas, Untuk mengetahui pengaruh efektivitas metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran BTA surat pendek di MTs Khairul Kasbi Paldas. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif, populasi sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisa datanya dengan menggunakan rumus ‘r’ product moment. Efektivitas penggunaan metode hafalan pada mata pelajaran baca tulis al-Qur’an di MTs Khairul Kasbi Paldas daapat disimpulkan tergolong sedang. Dari analisis terhadap data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 10 responden atau 25% dari seluruh jumlah responden yang tergolong tinggi, sedangkan yang termasuk kategori sedang termasuk 24 responden atau 60%, sementara itu yang masuk kategori rendah 6 atau 15%. Prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran baca tulis al-Qur’an termasuk sedang. Hal ini terbuktiddari data yang diolah diketahui bahwa yang berprestasi yang tergolong tinggi terdapat 4 responden atau 10% dari seluruh jumlah responden yang menjadi sampel penelitian ini, sedangkan yang termasuk kategori sedang terdapat 31 responden atau 77,5%, sedangkan yang termasuk kategori rendah terdapat 5 responden atau 12,5%. Setelah diketahui dari hasil analisa statistik melalui korelasi Product Moment disimpulkan bahwa tidak dijumpai df sebesar 38, karena itu dipergunakan df yang terdekat yaitu 40. Dengan df sebesar 40 diperoleh “r” tabel (rt) pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,304, sedangkan pada taraf signifiknasi 1% sebesar 0,393 ternyata rh (yaitu = 0,812) jauh lebih besar dari rt , baik taraf signifiknasi 5% maupun taraf signifikasi 1%. Dengan demikian berarti terdapat pengaruh yang signifinkan antara efektivitas metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran BTA di MTs Khairul Kasbi Paldas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:06
Last Modified: 29 Sep 2021 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13971

Actions (login required)

View Item View Item