Amatun Mukhaiyah, Nunik (2014) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM CARA BERWUDHU DIKELAS 1 (SATU) MI NURUL HIDAYAH AIR GADING KECAMATAN MUARA PADANG KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I PENDAHULUAN ibuk.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB III SETTING WILAYAH PENELITIAN ibuk.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.docx Download (22kB) |
Abstract
Model picture and picture adalah salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan dalam pelajaran fikih (materi cara berwudhu) di kelas satu, karena materi yang diajarkan lebih terarah, siswa lebih cepat menangkap materi ajar dan dapat meningkatkan daya nalar atau daya fikir, dan dapat meningkatkan tanggungjawab siswa, pembelajaran juga lebih terkesan. Di MI Nurul Hidayah selama ini pembelajaran fikih (materi cara berwudhu) masih dilaksanakan oleh para guru dngan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan belum pernah menggunakan model picture and picture. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model picture and picture pada pelajaran fiikih dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam cara berwudhu dikelas satu MI Nurul Hidayah Air Gading Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil dari data tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa meningkat dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Peningkatan rata-rata kemampuan cara berwudhu siswa secara keseluruhan dari prasiklus 58,77 dengan prosentase (6,53%), ke siklus I meningkat menjadi 65,33 dengan prosentase (7,25%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 73,65 dengan prosentase (8,17%). Peningkatan kemampuan cara berwudhu ini ditandai dengan semakin baiknya kemampuan siswa dalam melafalkan niat wudhu, gerakan wudhu, tertib wudhu, dan do’a setelah wudhu. Dengan penerapan model picture and picture dapat mengubah kemampuan cara berwudhu siswa dari sebelumnya, belum mampu menjadi mampu. Dengan kemampuan yang dimiliki akan memotivasi diri untuk melaksanakan shalat lima waktu. Dengan demikian berarti hipotesa tindakan yang berbunyi dengan menggunakan model picture and picture pada materi berwudhu maka kemampuan siswa dalam berwudhu akan mengalami peningkatan, dapat di terima
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 01:06 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13984 |
Actions (login required)
View Item |