PRIHASTINI, MAFTUKHAH (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BENTUK AKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA NEGERI 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (111kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran di MA Negeri 2 Palembang sehingga hasil belajar pada mata pelajaran matematika sebagian besar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan, khususnya pada materi bentuk akar. Setelah dilakukan observasi, diketahui juga bahwa penyebab rendahnya hasil belajar karena adanya dominasi siswa dengan kemampuan tinggi dalam menyampaikan pendapat ketika pembelajaran berlangsung sehingga sebagian besar siswa lainnya tidak termotivasi untuk aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Bentuk Akar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di MA Negeri 2 Palembang” dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token, mengetahui keaktifan belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bentuk akar. Jenis penelitian ini adalah field research dengan teknik true experimental design jenis pretest-posttest control group design. Dengan menggunakan metode observasi dan tes, peneliti melakukan pengumpulan data dengan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa pada kelas kontrol dan eksperimen adalah 68,18% dan 88,09%. Hal ini juga berarti bahwa penerapan model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena berdasarkan hasil analisis uji-t dari data indeks gain diketahui bahwa thitung > ttabel, pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,636 > 1,6632. Kata Kunci: Matematika, Bentuk Akar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:07 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 01:07 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13999 |
Actions (login required)
View Item |