PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsNEGERI 1 PALEMBANG

SAPUTRA, TRIHANJAYA (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsNEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

Metode pembelajaran Diskusi Kelompok Tutor Sebaya merupakan jenis pembelajaran yang setiap kelompok terdapat Tutor bertanggung jawab atas tugas kelompoknya sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan yang lainnya, dimana guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa dan setiap siswa dalam kelompok diberikan nomor. Kemudian masing-masing kelompok diberikan LKS untuk didiskusikan dan menyelesaikan pertanyaan yang ada dalam LKS dengan anggota kelompoknya. Selanjutnya guru memanggil salah satu Tutor dari setiap kelompok bergantian, bagi siswa yang nomornya dipanggil harus mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan bagi siswa di kelompok lain memberikan tanggapan dari jawaban temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Diskusi Kelompok Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi prisma dan limas di MTs Negeri 1 Palembang.Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Diskusi Kelompok Tutor Sebaya sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat, sampel penelitian ini adalah kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data tes menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Diskusi Kelompok Tutor Sebaya ada Pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi prisma dan limas di MTs Negeri 1 Palembang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 83,19 lebih besar dari kelas kontrol 70,85, dimana thitung = 3,372>ttabel= 1,998 dengan = 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:07
Last Modified: 29 Sep 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item