PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN TELUR AYAM RAS DITINJAU DARI JUMLAH KOLONI Salmonella sp DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI METERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA KELAS X SMA/MA

YANTI, ELIZA (2014) PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN TELUR AYAM RAS DITINJAU DARI JUMLAH KOLONI Salmonella sp DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI METERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELIZA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telur merupakan bahan pangan hasil ternak yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Telur merupakan produk unggas yang selalu dihubungkan dengan cemaran Salmonella sp. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh suhu dan lama penyimpanan telur ayam ras terhadap jumlah bakteri Salmonella sp serta mengetahui bagian interior telur ayam ras selama penyimpanan. Penelitian ini menggunakan sampel telur ayam ras sebanyak 24 butir, terdiri dari 12 butir disimpan pada suhu kamar dan 12 butir disimpan pada suhu kulkas. Penelitian dilakukan secara eksperimen di Laboratorium Bakteriologi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jurusan Analis Kesehatan Palembang, dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan dua perlakuan yaitu disimpan pada suhu kamar dan disimpan pada suhu kulkas dengan waktu pengamatan hari ke-1, hari ke-8, hari ke-15 dan hari ke-22 dengan 3 kali ulangan. Parameter yang diamati adalah koloni bakteri Salmonella sp yang tumbuh pada media MacConkey pada telur ayam ras yang disimpan pada suhu kamar dan suhu kulkas. Metode yang digunakan untuk menumbuhkan Salmonella sp adalah metode tuang dan diinkubasi pada suhu 37OC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 24 sampel telur ayam ras yang disimpan pada suhu kamar dan suhu kulkas tidak ditemukan bakteri Salmonella sp, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak dan bagian interior telur ayam ras selama penyimpanan menunjukkan hasil bahwa bagian interior telur ayam ras selama penyimpanan mengalami penyusutan kekentalan, tetapi telur ayam ras yang disimpan pada suhu kulkas lebih kental sampai hari ke-22 dibandingkan dengan telur ayam ras yang disimpan pada suhu kamar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:07
Last Modified: 29 Sep 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item