UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KERAJAAN SINGASARI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS VB MIN 2 PALEMBANG

FITHRIYAH, NURUL (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KERAJAAN SINGASARI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS VB MIN 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
bundel_skripsi_dms.docx

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya pelajaran sejarah yang dilakukan dengan metode belajar yang konvensional, misalnya hanya dengan metode ceramah, pemberian tugas, latihan, dan demonstrasi biasa, tentu akan menimbulkan kebosanan pada siswa yang pada akhirnya akan dapat menghambat pemahaman siswa. Karena itu penulis mencoba metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Sebab dengan bermain peran siswa dapat mengalami secara langsung bagaimana cara memahami pelajaran sejarah yang sesungguhnya. Karena memahami makna tersurat dari teks yang tersirat bukanlah hal yang mudah bagi anak-anak usia sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Rumusan masalah yang ingin diteliti oleh penulis adalah Apakah dengan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Kerajaan Singasari di kelas VB MIN 2 Palembang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VB MIN 2 Palembang dengan menggunakan metode bermain peran . Metodologi dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes lisan, tes perbuatan dan praktik bermain peran yang menjadi dasar dalam analisis statistik dalam laporan PTK ini. Peneliti menggunakan analisa statistik dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) dan prosentase. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VB MIN 2 Palembang. Bahwa setelah peneliti menggunakan metode bermain peran maka terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar anak kelas VB MIN 2 Palembang. Dari hasil penelitian dan berdasarkan penghitungan data pada Bab IV maka diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam hasil belajar anak setelah peneliti menggunakan metode bermain peran. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan setiap siklus. Jika pada pra siklus hasil belajar anak hanya ada 5 siswa (6,20%) yang memiliki hasil belajar yang baik dengan kualifikasi tuntas, dengan nilai rata-rata nilai hasil belajar hanya mencapai 64% maka pada siklus kesatu ada 13 siswa (23,84 %) yang termasuk dalam kualifikasi tuntas dan terdapat peningkatan pada nilai rata-rata nilai hasil belajar anak menjadi 72,80%. Pada siklus kedua atau terakhir meningkat lagi ada 31 siswa (100%) yang termasuk dalam kualifikasi tuntas. Dan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 78,48%, Hal ini menunjukkan tercapainya KKM pada mata pelajaran ini yaitu 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:08
Last Modified: 29 Sep 2021 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14015

Actions (login required)

View Item View Item