KORELASI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN YANG BERVARIASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 RANTAU BAYUR KAB.BANYUASIN

APRIANA, TETI (2012) KORELASI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN YANG BERVARIASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 RANTAU BAYUR KAB.BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I Tetty.doc

Download (107kB)
[img] Text
BAB II Tetty.doc

Download (141kB)
[img] Text
BAB III Tetty.doc

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV Tetty.doc

Download (272kB)
[img] Text
BAB V Tetty.doc

Download (32kB)

Abstract

Salah satu usaha seorang pendidik dalam meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, serta dapat memvariasikan beberapa metode dalam satu ruang lingkup pembelajaran. Berbagai metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, sehingga pendidik harus cerdas dalam menggunakan metode pembelajaran agar tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai. Permasalahan dalam penelitian ini; 1) mengenai bagaimana penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? 2) bagaimana prestasi balajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? dan 3) bagaimana korelasi penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin? Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini, yaitu : wawancara ditujukan kepada Kepala Sekolah untuk mengetahui Biografi Sekolah dan guru PAI untuk mengetahui penggunaan metode bervariasi selama proses pembelajaran dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan pegawai, guru dan siswa, fasilitas atau keadaan sarana dan prasarana, angket ditujukan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi selama proses pembelajaran. Dalam menganalisis, penulis menggunakan teknik analisis statistik dengan rumus TSR dan Kai Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pengunaan Metode Pembelajaran yang Bervariasi dapat dikategorikan sedang atau dinilai cukup baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisa angket yang disebarkan kepada siswa ; sebanyak 27 responden atau (61%) dari 44 orang siswa yang menyatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi adalah sedang. Sedangkan 10 responden atau (23%) dari 44 orang siswa menyatakan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi terkategori tinggi, dan 7 responden atau (16%) dari 44 orang siswa yang menyatakan rendah. Sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dikategorikan sedang atau dinilai cukup baik karena setelah diuji malalui rumus statistik kelompok sedang menempati persentase tertinggi sebesar 23 atau 53 %. Sedangkan bila kita bandingkan prestasi siswa yang termasuk tinggi hanya 12 orang atau sebesar 27% dan yang termasuk rendah sebanyak 9 orang atau 20%. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi memiliki hubungan positif yang sangat signifikan dengan prestasi belajar Phi (Ø) siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hubungan tersebut di lihat dari nilai Phi (Ø) yaitu 0,424, setelah dikonsultasikan dengan r table maka nya lebih besar dari rt 5% dan rt 1%. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis Ha nya diterima dan Ho nya ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:08
Last Modified: 29 Sep 2021 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item View Item