PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN B KOMPLEKS TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN PEMBELAJARANNYA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGANNYA PADA HEWAN DI SMP/MTs

FRASTIA, HEMILTA (2014) PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN B KOMPLEKS TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN PEMBELAJARANNYA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGANNYA PADA HEWAN DI SMP/MTs. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1 sampai Daftar Pustaka.docx

Download (1MB)

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan dan dikonsumsi oleh masyarakat karena banyak mengandung protien yang cukup tinggi. Dan salah satu upaya yang dilakukan oleh petani ikan untuk mempercepat laju pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus) yaitu dengan cara pemberian vitamin B kompleks yang dicamper dengan pelet ikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian vitamin B kompleks terhadap pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus) dan mengetahui dosis optimum vitamin B kompleks yang paling baik digunakan untuk pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian dilaksanakan di Laboratorium MIPA Biologi IAIN Raden Fatah Palembang mulai dari 7 Nopember 2013 sampai 7 Januari 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap p(RAL) dengan 4 perlakuan (P) dan 4 ulangan, dengan pemberian dosis vitamin B kompleks yang berbeda yaitu : P0 (kontrol) P1 (1mg vitamin B kompleks/0,5gr pakan), P2 (5mg vitamin B kompleks/0,5gr pakan), P3 (10mg vitamin B kompleks/0,5gr pakan) Parameter yang diamati dalam penelitian ini meliputi panjang tubuh ikan nila, berat tubuh ikan nila, lebar tubuh ikan nila, tinggi tubuh ikan nila, Berdasarkan hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pemberian dosis vitamin B kompleks berpengaruh nyata terhadap panjang tubuh ikan nila, berat tubuh ikan nila, lebar tubuh ikan nila, tinggi tubuh ikan nila. Dosis vitamin B kompleks yang paling baik digunakan untuk pertumbuhan tubuh ikan adalah 1mg/0,5gr pakan. Kata kunci : Ikan nila (Oreochromis niloticus) , Dosis vitamin B kompleks, Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:08
Last Modified: 29 Sep 2021 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14023

Actions (login required)

View Item View Item