KORELASI KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU AQIDAH AHKLAK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG

TRIYANA, DESY (2011) KORELASI KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU AQIDAH AHKLAK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab 1 Desy.doc

Download (116kB)
[img] Text
BAB 2 desy.doc

Download (111kB)
[img] Text
Bab3 Desy.doc

Download (348kB)
[img] Text
Bab IV desy.doc

Download (197kB)
[img] Text
BAB V Desy.doc

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan terdiri atas lima bab. Latar belakang masalah yang berisikan kumpulan teori kemudian untuk menghubungkan antara teori dengan fakta lapangan penulisan melakukan observasi awal. Dari hasil observasi kemudian dirumuskan dalam bentuk rumusan masalah penelitian yang meliputi tentang kompetensi paedagogik guru Aqidah Ahklak, prestasi belajar siswa, dan korelasi kompetensi paedagogik guru Aqidah ahklak dengan prestasi belajar siswa di MTs Patra Mandiri Palembang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa terdiri dari kelas VIII A dan VIII B. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data yaitu: observasi digunakan untuk melihat gejala-gejala yang nampak tentang kompetensi paedagogik guru dan prestasi belajar siswa di dalam kelas, angket disebarkan kepada siswa dengan memberikan pertanyaan untuk mengetahui kompetesi paedagogik guru, wawancara digunakan untuk mengajukan pertanyaan kepada kepala sekolah tentang sarana dan prasarana dan fasilitas sekolah termasuk dokumentasi sekolah, dan dokumentasi digunakan untuk menghimpun data tentang jumlah guru dan siswa, status guru dan latar belakang pendidikan guru, dan prestasi belajar siswa dengan melihat 3 kali ulangan harian pada bidang studi Aqidah Ahklak. Analisa dalam penelitian ini menggunakan rumus prodact momen. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi paedagogik guru Aqidah Ahklak dapat dikatagorikan sedang. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisa angket : sebanyak 30 orang siswa atau (60%) dari 60 orang siswa yang menyatakan bahwa kompetensi paedagogik guru Aqidah Ahklak adalah sedang. Sedangkan 10 orang siswa atau ( 16,7%) dari 60 orang siswa menyatakan kompetensi paedagogik guru terkategori tinggi. Dan 14 orang siswa atau (23,3%) dari 60 orang siswa menyatakan kompetensi paedagogik guru Aqidah ahklak dikategorikan rendah. Sedangkan prestasi belajara siswa adalah dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat pada halis analisa tiga kali ulangan sebanuyak 42 orang siswa atau ( 70%) dari jumlah 60 orang siswa yang memiliki prestasi belajar sedang. Sedangkan 6 orang siswa atau (10%) yang memiliki prestasi tinggi. Dan 12 orang, orang siswa (20%) dari 60 orang siswa prestasi belajar buruk ( rendah). Dan adanya korelasi yang signifikasi antara kompetensi paedagogik guru Aqidah Ahklak terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil nilai rxy yang besarnya 0,729 tersebut lebih besar dari harga r table baik pada taraf signifikasi 5 % yaitu 0,250 maupun pada taraf signifikasi 1% yautu 0,325. Oleh karena itu taraf signifikasi 5% ( 0,250) < 0, 729> 0,325> ( 0,325) pada taraf signifikasi 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:09
Last Modified: 29 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item