M. Riky Saputra, 10 21 0708, “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Menghafal Al Qur’an Bagi Mahasiswa Ma’had Sa’ad bin Abi Waqqash Palembang”

SAPUTRA, M RIKI (2014) M. Riky Saputra, 10 21 0708, “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Menghafal Al Qur’an Bagi Mahasiswa Ma’had Sa’ad bin Abi Waqqash Palembang”. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang terdiri atas lima bab. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana kondisi lingkungan sekolah di Ma’had Sa’ad Bin Abi Waqqash Palembang, bagaimana motivasi menghafal Al Qur’an mahasiswa Ma’had Sa’ad Bin Abi Waqqash Palembang, dan Apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi menghafal Al Qur’an bagi mahasiswa Ma’had Sa’ad Bin Abi Waqqash Palembang. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data yaitu: Angket, Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Setelah semua data diperoleh dari penelitian lapangan, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus key kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan sekolah di Ma’had Sa’ad Bin Abi Waqqash Palembang dapat dikategorikan sedang dengan kategori sebanyak 34 orang mahasiswa atau (85 %) dari 40 orang mahasiswa. Walaupun masih ada mahasiswa yang terkategori rendah yakni sebanyak 4 orang mahasiswa atau (10 %) dari 40 mahasiswa dan 2 orang mahasiswa (5 %) dari 40 mahasiswa yang terkategori tinggi. Sedangkan motivasi menghafal Al Qur’an adalah dalam kategori sedang dengan kategori sebanyak 29 orang mahasiswa atau (72,5 %) dari 40 orang mahasiswa walaupun masih ada mahasiswa yang terkategori rendah yakni sebanyak 7 orang mahasiswa atau (17,5 %) dari 40 orang mahasiswa dan 4 orang mahasiswa atau (10 %) dari 40 orang mahasiswa yang terkategori tinggi. Maka adanya pengaruh yang signifikan antara kondisi lingkungan sekolah terhadap motivasi menghafal Al Qur’an bagi mahasiswa Ma’had Sa’ad bin Abi Waqqash Palembang, hal ini dilihat dari hasil nilai yang besarnya 0,587 tersebut lebih besar daripada baik pada taraf signifikan 5 % yaitu 0,304 maupun pada taraf 1 % yaitu 0,393. Oleh karena itu taraf signifikan 5 % 0,304<0,587>0,393 pada taraf signifikan 1 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:09
Last Modified: 29 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

View Item View Item