PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MTS NEGERI I MODEL PALEMBANG

SHOLIHIN, YAYAN (2012) PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MTS NEGERI I MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Yayan S.docx

Download (383kB)

Abstract

Dunia pendidikan di Indonesia sudah berkembang dengan pesat. Namun, sayangnya terkadang perkembangan tersebut tidak diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan yang sepadan. Untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas perlu adanya program pendidikan yang harus disiapkan secara baik, mengoptimalkan peran dari komite madrasah yang merupakan wadah dari aspirasi serta dukungan masyarakat dalam kebijakan serta program pendidikan sangat penting bagi perkembangan pendidikan di madrasah . Kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana peran komite madrasah di MTs N I Model Palemban, bagaimana peran komite madrasah dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di MTs N I Model Palembang serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di MTs N I Model Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komite madrasah di MTs N I Model Palembang, bagaimana peran komite madrasah dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di MTs N I Model Palembang serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di MTs N I Model Palembang. Intinya adalah mengetahui pelaksanaan tugas komite madrasah dalam memberdayakan masyarakat dan upaya madrasah dalam memberdayakan komite madrasah dalam memaksimalkan manajemen madrasah yang lebik baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip dengan menggunakan data yang didapat melalui kepala madrasah, pengurus madrasah serta pengurus komite madrasah dengan menggunakan metode wawancara dan dokumen-dokumen MTs N I Model Palembang, kemudian data tersebut dianalisis dengan cara verifikasi data dan klasivikasi data sehingga memperoleh kesimpulan yang relevan dengan penelitian. Adapun hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut : ⦁ Meskipun secara material tidak lagi mendukung yang mana akibat dari pendidikan gratis yang diterapkan pemerintah, namun peran dari komite madrasah di MTs N I Model Palembang tetap berjalan dengan baik sebagai mana perannya sebagai pendukung, pengontrol serta mediator dalam pendidikan di madrasah. ⦁ Penerapan manajemen berbasis madrasah yang merupakan ciri khas madrasah yang mandiri dengan memberdayakan peran komite madrasah, tenaga pendidik serta fasilitas yang baik untuk dipergunakan sebagai pendukung proses pembelajaran sehingga dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan tujuan dan harapan madrasah. ⦁ Beberapa fartor seperti ekonomi, kedisiplinan serta dukungan dari masyarakat dan orang tua adalah hal pendukung madrasah dalam memaksimalkan menejemen berbasis madrasah di MTs N I Model Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:09
Last Modified: 29 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item