UJI EFEK KOMBINASI EKSTRAK DAUN YAKON (Smallanthus sonchifolia) dan DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia) TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT (Mus Musculus) SUMBANGSIHNYA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI di SMA/MA Kelas XI

Ningrum, Sary Vigtindya (2014) UJI EFEK KOMBINASI EKSTRAK DAUN YAKON (Smallanthus sonchifolia) dan DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia) TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT (Mus Musculus) SUMBANGSIHNYA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI di SMA/MA Kelas XI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Daun yakon (Smallanthus sonchifolia) dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan tanaman yang secara empiris digunakan untuk berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kombinasi ekstrak daun yakon dan daun mengkudu terhadap penurunan kadar glukosa darah mencit. Sementara itu, daun yakon dan daun mengkudu mengandung zat aktif flavonoid dan alkaloid yang berpotensi sebagai antidiabetes. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium MIPA Tadris Biologi IAIN Raden Fatah Palembang Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dua belas ekor mencit putih jantan galur yang dibagi dalam empat kelompok dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Mencit dipuasakan ±16 jam, kemudian diukur kadar glukosa darah puasa, lalu diberikan kombinasi ekstrak daun yakon dan daun mengkudu. Tiga puluh menit setelahnya, diukur kembali kadar glukosa, lalu diberikan glukosa 0,195 g/kg bb peroral. Pengukuran dilakukan pada menit ke-60 dan 120 setelah pemberian glukosa. Kadar glukosa darah diukur menggunakan glukometer Easy Touch “GCHb”. Berdasarkan analysis of variance (ANOVA), dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pemberian kombinasi ekstrak daun mengkudu dan daun yakon, tidak berpengaruh secara signifikan dalam menurunkan kadar glukosa darah pada mencit. Kata Kunci: Antidiabetes, pembebanan glukosa, kombinasi ekstrak daun yakon dan daun mengkudu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:10
Last Modified: 29 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item View Item