Upaya Meningkatkan kemampuan gerakan shalat melalui model pembelajaran Picture and Picture kelas II SDN 1 Penanggoan Duren Kecamatan Tulung Selapan Ogan Komering Ilir.

RISMIATI, RISMIATI (2014) Upaya Meningkatkan kemampuan gerakan shalat melalui model pembelajaran Picture and Picture kelas II SDN 1 Penanggoan Duren Kecamatan Tulung Selapan Ogan Komering Ilir. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (13kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar guru harus merencanakan terlebih dahulu kegiatan mengajar secara sistematis dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada, serta menggunakan model belajar yang sesuai agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal dan mencapai tujuan yang diharapkan karena tugas guru bukan hanya sekedar menyampaikan materi pembelajaran tetapi juga mendidik siswa menjadi paham dari apa yang disampaikan tentang gerakan shalat. Sajauh ini siswa kebanyakan masih belum paham bagaimana gerakan shalat secara baik dan benar, yang selama ini terkadang tidak tepat. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul: “Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Melakukan Gerakan Shalat Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Kelas II Di SD Negeri 1 Penanggoan Duren Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI”. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Melakukan Gerakan Shalat Kelas II Di SD Negeri 1 Penanggoan Duren Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI? “. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas II yaitu 28 siswa. Untuk pengumpulan data peneliti melakukan observasi ke lapangan terhadap kelas tersebut. Tekhnik pengumpulan data yaitu pengambilan dokumentasi sekolah berupa data-data tertulis tentang profil sekolah tersebut dengan melalui beberapa siklus. Sedangkan tekhnik analisa yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan Analisis Diskriptif komparatif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa setelah melakukan beberapa proses perbaikan dalam pembelajaran maka dihasilkan data sebagai berikut: (1) hasil penelitian pra siklus 13 siswa tuntas dari 28 siswa sedangkan 15 lainnya belum tuntas dengan rincian: anak yang mendapat nilai rentang nilai 50-60 ada 15 anak, rentang nilai 65–70 ada 10 anak, rentang nilai 75–85 ada 3 anak, rentang nilai 90–100 tidak ada. Kekurangan pada pra siklus ini guru kurang efektif serta kurang kreatif hanya menggunakan metode ceramah. (2) hasil penelitian siklus I bahwa 19 siswa dari 28 siswa sedangkan, 9 siswa yang belum tuntas. Anak yang mendapat rentang nilai 50–60 berjumlah 9 anak, rentang nilai 65–70 ada 10 anak, rentang nilai 75–85 ada 9 anak, rentang nilai 90–100 tidak ada. Kelemahan siswa masih belum tepat melakukan gerakan shalat. (3) Hasil penelitian siklus II siswa yang tuntas ada 27 dari 28 siswa, sedangkan hanya 1 siswa yang tidak tuntas dengan rincian rentang nilai 50-60 ada 1 siswa, rentang nilai 65-70 ada 6 siswa, rentang nilai 75-85 ada 17 siswa, sedangkan yang rentang nilai 90-100 yaitu 4 siswa. Pada siklus II ini rata-rata siswa telah dapat memahami meteri tentang gerakan shalat tersebut. Nilai yang mereka dapat pun meningkat drastis diatas rata-rata. Dengan demikian dapat dikatakan berhasil karena nilai yang didapat meningkat secara signifikan dengan penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:10
Last Modified: 29 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item View Item