PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SENUMARGA KECAMATAN BELITANG III KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

SEPTIKASARI, RESTI (2013) PENERAPAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SENUMARGA KECAMATAN BELITANG III KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Senumarga Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkan metode-metode untuk menyajikan materi–materi pengajaran. Kurang tepatnya seorang guru dalam memilih suatu metode pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Hal ini karena metode pembelajaran merupakan cara yang tepat dan telah direncanakan dengan baik oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga tercapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Metode pembelajaran adalah faktor penting dalam menentukan prestasi belajar untuk semua mata pelajaran, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode yang dapat diterapkan adalah metode Team Games Tournament yaitu salah satu metode pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan tiga sampai lima orang siswa yang memiliki kemampuan dan latar belakang yang berbeda untuk mencapai aktivitas belajar. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode Team Games Tournament pada mata pelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Senumarga dan bagaimanakah signifikansi pengaruh penerapan metode Team Games Tournament terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Senumarga. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas V yang berjumlah 12 siswa. Menurut Suharsimi Arikunto yaitu apabila subjeknya kurang dari 100 orang, lebih baik diambil semua sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Metode yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis data dalam mengklasifikasikannya menggunakan rumus tinggi, sedang, rendah (TSR) kemudian untuk mencari pengaruh penerapan metode Team Games Tournament terhadap prestasi belajar siswa, dapat dihitung dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda setelah diketahui bahwa terdapat 5 (41,67%) siswa dalam kategori tinggi, 4 (33,33%) siswa termasuk dalam kategori sedang dan 3 (25%) siswa termasuk dalam kategori rendah. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode Team Games Tournament terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah yaitu rtabel lebih kecil dari robservasi baik pada taraf 1% maupun pada taraf 5% atau 0,575<0,948>0,708.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:10
Last Modified: 29 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14057

Actions (login required)

View Item View Item