PENGARUH KEGIATAN PRAMUKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SAKATIGA KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR

ASTUTI, MEILINA (2014) PENGARUH KEGIATAN PRAMUKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SAKATIGA KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
9. BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
10. BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
11. BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
12. BAB IV.docx

Download (32kB)
[img] Text
13. BAB V.docx

Download (14kB)

Abstract

Kegiatan pramuka termasuk salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah berdasarkan Peraturan perundang-undangan No.10 tahun 2012 yakni diwajibkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas bahkan sampai ditingkat Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta. Bahkan sudah masuk dalam kurikulum 2013 untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Karena di lapangan kita ketahui hanya sebagian guru saja yang memiliki kemampuan mengajar untuk menciptakan suasana yang nyaman dan tertantang dalam belajar, dapat membuat kombinasi-kombinasi baru dan menemukan banyak jawaban terhadap suatu masalah dimana hal tersebut dapat menjadi karya yang orisinil sehingga kita mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dikelas. Disini penulis tertarik untuk meneliti tentang pengaruh kegiatan ektrakurikuler pramuka terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa yang aktif mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka di sekolah, serta adakah pengaruh dari kegiatan pramuka terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan ektrakurikuler pramuka yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Saktiga serta untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang aktif mengikuti kegiatan pramuka dan adakah pengaruh dari kegiatan pramuka terhadap hasil belajar siswa di MAN Sakatiga. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis korelasional, yaitu untuk memperoleh data, fakta dan informasi yang akan mengungkapkan dan menjelaskan permasalahan yang ada dalam penelitian. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah menentukan lokasi penelitian yaitu di MAN Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang mengikuti kegiatan pramuka yang berjumlah 21 orang laki-laki dan 29 orang perempuan dengan jumlah keseluruhan yakni 50 orang siswa. Sedangkan alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus tes “t” atau uji “t” untuk dua sampel besar yang satu sama lain saling berhubungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 7.29) dan besar “t”yang tercantum pada tabel Nihil dari t ( tt 5% = 1,98 dan tt 1% = 2,63) maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari tt yaitu : 1,98 < 7.29 > 2,63. Karena t0 lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % maka hipotesis nihil yang diajukan didepan ditolak, ini berarti dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan anatara variabel X dan Variabel Y. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pramuka mempengaruhi hasil belajar siswa MAN Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:10
Last Modified: 29 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item