UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ISLAMIYAH TIRTA KENCANA KECAMATAN MAKARTI JAYA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI METODE KELOMPOK BELAJAR

SUKAMAENI, TINI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ISLAMIYAH TIRTA KENCANA KECAMATAN MAKARTI JAYA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI METODE KELOMPOK BELAJAR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi Tini S.PdI_2014.rtf

Download (4MB)

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran guru adalah sebagai pembimbing, pembina dan fasilitator. Oleh sebab itu dalam suatu lembaga pendidikan guru di tuntut agar profesionalisme dari profesi tersebut. Penlitian tindakan kelas (PTK) ini di laksanakan pada kelas V MI Islamiyah Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Dalam penlitian tindakan kelas (PTK) ini membutuhkan proses belajar dan mengajar yang efektif di kelas. Penlitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari beberapa siklus (Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II). Dari penelitian yang penulis lakukan maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan Metode Kerja Kelompok ini dapat meningkatkan hasil belajar, wawasan, kemandirian serta berani mengungkapkan pendapat.     Hal ini dapat diketahui bahwa sebelum penelitian siswa yang mendapat mencapai KKM hanya 90.48%, kemudian dari jumlah siswa 21 orang artinya hanya 9,27% saja yang belum mencapai dengan katagori belum tuntas sisanya tuntas.     Dalam perbaikan pembelajaran menunjukan adanya perubahan yang cukup nyata ini artinya para siswa semangat melakukan kegiatan berkumpul secara diskusi sementara seorang guru membacakan materi dan lembaran tugas kepada masing-masing siswa. Melihat peningkatan belajar melalui Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II artinya terlihat jelas Pra siklus melihat jumlah absensi dengan jumlah 21 orang siswa, kemudian pada Siklus I pembahasan mata pelajaran PKn ternyata dengan cara memberikan tugas serta kemandirian siswa semakin giat belajar dan terlihat pada Siklus II hasil pembelajaran dengan kesimpulan Metode Kerja Kelompok mampu mencapai nilai ketuntasan dibawah standar nilai yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:11
Last Modified: 29 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item