PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASAR MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI ADABIYAH II PALEMBANG

KHUMAIRAH, IZMY (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASAR MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI ADABIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB keseluruhan.docx

Download (140kB)

Abstract

Secara khusus penelitian ini berjudul “Penerapan Pembelajaran Berdasar Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Adabiyah II Palembang”. Berdasarkan latar belakang bahwa salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk tujuan pendidikan adalah model pembelajaran berdasar masalah yaitu suatu pendekatan pembelajaran melalui upaya-upaya menghadapkan siswa dengan permasalahan real yang memancing proses belajar mereka. Pembelajaran berdasar masalah memberikan kebebasan kapada siswa untuk belajar sesuai dengan minat dan perhatiannya, sehingga dalam pembelajaran berdasar masalah siswa akan terlibat secara intensif dan aktif, yang pada akhirnya bisa membuat siswa untuk terus belajar dan terus meningkat pengetahuannya. Penulis melakukan penelitian ini disebabkan karena keingintahuan penulis mengenai perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan pembelajaran berdasar masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Adabiyah II Palembang. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika sebelum diterapkan pembelajaran berdasar masalah di kelas V di MI Adabiyah II Palembang, Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika setelah diterapkan pembelajaran berdasar masalah di kelas V di MI Adabiyah II Palembang, Bagaimana perbedaan sebelum dan setelah dalam menerapkan pembelajaran berdasar masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V MI Adabiyah II Palembang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, yang menjadi populasinya adalah siswa kelas V.2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen adapun jenis datanya bersifat kualitatif, sedangkan sumber data diperoleh dari siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dengan penganalisisan menggunakan rumus statistik, yaitu rumus tes “t” untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yanng signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan pembelajaran berdasar masalah. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: pertama hasil belajar siswa di MI Adabiyah II Palembang sebelum diterapkan pembelajaran berdasar masalah yaitu berada pada kategori sedang (antara 63,46 - 81,45). Kedua hasil belajar siswa di MI Adabiyah II Palembang setelah diterapkan pembelajaran berdasar masalah yaitu berada pada kategori sedang (antara 72,76 - 91,55). Ketiga hipotesa alternatif diterima atau disetujui dengan rincian to lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5% dengan perincian 2,04 < 4,221 > 2,76.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:11
Last Modified: 29 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item View Item