Penerapan Model Pemebelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamens Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Patra Mandiri Plaju Palembang

TASLIM, MUHAMMAD (2014) Penerapan Model Pemebelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamens Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Patra Mandiri Plaju Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamens dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Patra Mandiri Plaju Palembang. Ini merupakan keinginan penulis karena dilihat dari hasil pengamatan siswa di MA Patra Mandiri Plaju pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang bergairah dan antusias, bahkan tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru sehingga hasil belajar siswa menurun dan selain itu guru juga masih dominan menggunakan metode tradisional ataupun guru belum memahami model pembelajaran yang tepat untuk materi yang diajarkan. Oleh karena itu siswa hanya fasif sedangkan guru yang banyak aktif. Melihat keadaan tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut dengan membandingkan antara metode pembelajaran yang telah diterapkan guru Akidah Akhlak di sekolah tersebut dengan model yang akan dieksperimenkan peneliti. Peneliti mengeksperimenkan Model Pembelajaran Teams Games Tournamens. Adapun permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Hasil Belajar Siswa kelas yang sudah menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournamens? Kedua, Bagaimana Hasil Belajar Siswa kelas yang belum menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournamens? Ketiga, Adakah perbedaan yang signifikan antara kelas yang belum menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournamen dengan kelas yang sudah menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournamens? Yang menjadi sempel pada penelitian ini adalah bagian dari populasi siswa MA Patra Mandiri Plaju yaitu pada kelas XIA dan XIB yang masing-masing kelas berjumlah 38 orang Teknik analisa data di gunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalaha menggunakan tes “t” atau uji “t” untuk 2 sempel besar yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi akhlak terpuji dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamens mengalami peningkatan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 81,84 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 71,18. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamens dapat diinterpretasikan hipotesis nihil tt 5% < to > tt 1% atau 2,00 < 3,85 > 2,65

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:11
Last Modified: 29 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14080

Actions (login required)

View Item View Item