HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS INAYATULLAH DESA LIMBANG JAYA KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR

BETTI, BETTI (2010) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS INAYATULLAH DESA LIMBANG JAYA KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi betti.doc

Download (400kB)

Abstract

Disiplin adalah suatu hal yang perlu kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari terutama seorang guru haruslah mempunyai kedisip;inan yang baikdalam mengajar atau mendidik siswanya. Adapun permasalahan yaitu bagaimana disiplin guru di MTs Inayatullah Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir?, Bagai mana minat belajar siswapada mata pelajaran Akidah Ahklak di MTs Inayatullah Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir?, Apakah disiplin guru mempunyai hubungan yang signifikan terhadap minat belajar siswa di MTs Inayatullah Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metodelogi yang terdiri dari populasi dan sempel yaitu semua siswa di MTs Inayatullah Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah 64 siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini. Sedangkan sumber data yaitu berupa data primer (data ngket yang diperoleh langsung dari responden) dan data skunder (data dokumentasi yang diperoleh dari MTs Inayatullah Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir) Tehnik analisis data menggunakan rumusan : “Kolerasi Product Moment”.€ Dari analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Disiplin guru Akidah Akhlak di MTs Inayatullahyang dikategorikan kurang disiplin sebanyak 69% (44 orang) dari 64 responden artinya Disiplin Guru kurang disiplin dalam dalam menumbuhkan minat bakat siswa dengan menggunakan klsifikasi norma TSR yang diperoleh yaitu yang tergolong disiplin sebanyak 19% (12 orang), kurang disiplin sebanyak 64% (44 orang) dan yang dikategrikan tidak disiplin sebanyak 12% (8 orang) dari 64 responden. Minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Inayatullah Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir dapat digolongkan sedang artinya minat belajar siswa tidak menunjukan peningkatan dari disiplin yang telah guru lakukan. Hal ini terbukti dari 63% atau 40 orang siswa dari 64 orang responden. Dengan menggunakan klasifikasi TSR yaitu yang tergolong tinggi sebanyak 25% atau 16 orang siswa. Kemudian sedang sebanyak 63% atau 40 orang siswa dan yang tergolong rendah sebanyak 12% atau 8 orang siswa dari 64 responden. sedangakan hubungan disiplin guru dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Inayatullah Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir tidak menunjukan hubungan positif yang signifikan, hal terlihat dari analisis dimana Phi = 0,306 lebih besar dari pada “r” pada taraf signifikansi 5% dan lebih kecil pada taraf signifikansi 1% (0,250 < 0,306 < 0,325). Dari analisis di atas maka Ha ditolak artinya tidak ada hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel. Hal ini menunjukan bahwa disiplin guru bukanlah satu-satunya yang dapat dihubungkan dengan minat belajar siswa, karena kempuan siswa pun dapat dijadikan salah satu faktor yang dapat dihubungkan dengan minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:12
Last Modified: 29 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item