UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAYAH MANARUL HUDA PALEMBANG

FITRIANTI, FITRIANTI (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAYAH MANARUL HUDA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ptk bab 1.doc

Download (146kB)
[img] Text
ptk bab II.docx

Download (56kB)
[img] Text
PTK Bab III.docx

Download (55kB)
[img] Text
PTK BAB IV.docx

Download (1MB)
[img] Text
ptk bab v.doc

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Fitrianti (PTK). Judul penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV MI. Manarul Huda Palembang. Adapun permasalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Manarul Huda Palembang. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Guru menyajikan pelajaran, dan kemudian siswa belajar dalam tim mereka dan memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MI. Manarul Huda Palembang yang beralamat di Jl. Taqwa Mata Merah Kp. Kelapa sawit. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang, 9 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan mulai dari bulan November sampai Januari 2014. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 18 November 2013 (siklus Pertama) sampai 02 Desember 2013 (siklus kedua). Pada umumnya penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.     Hasil penelitian menunjukkan: adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Globalisasi terlihat dari keterlibatan siswa dalam pembelajaran sebelum penelitian, siswa yang sangat aktif sebesar (10%), siswa yang cukup aktif sebesar (15%), siswa yang kurang aktif sebesar (75%). Pada siklus pertama meningkat menjadi : siswa yang sangat aktif sebesar (35%), siswa yang cukup aktif sebesar (25%), siswa yang kurang aktif sebesar (40%). Pada siklus kedua meningkat menjadi: siswa yang sangat aktif sebesar (60%), siswa yang cukup aktif sebesar (30%) dan siswa yang kurang aktif sebesar (10%). Dilihat dari hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan pada waktu sebelum perbaikan ketuntasan belajar siswa hanya 30%, meningkat menjadi 50% pada siklus pertama dan pada siklus kedua menjadi 90%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKN di kelas IV MI.Manarul Huda dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:13
Last Modified: 29 Sep 2021 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14102

Actions (login required)

View Item View Item