UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MATERI TATA CARA WUDHU MELALUI METODE MENEMPEL GAMBAR DI KELAS II SD NEGERI 1 TELUK KIJING KEC. LAIS KAB. MUSI BANYUASIN TAHUN AJARAN 2013/2014

NIZDIANAH, NIZDIANAH (2013) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MATERI TATA CARA WUDHU MELALUI METODE MENEMPEL GAMBAR DI KELAS II SD NEGERI 1 TELUK KIJING KEC. LAIS KAB. MUSI BANYUASIN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SRIPSI.docx

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan siswa kelas II SDN 1 Teluk Kijing Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Pelajaran 2013/2014. dalam melakukan wudhu. (2) Dengan media menempel gambar dalam meningkatkan kemampuan wudhu siswa kelas II SDN 1 Teluk Kijing Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Pelajaran 2013/2014.. Pembelajaran wudhu dengan menggunakan media alat peraga gambar ini merupakan inovasi baru yang dilakukan di sekolah ini. Dengan menggunakan media alat peraga gambar membuat pembelajaran semakin menarik. Penggunaan media gambar membuat siswa dalam pembelajaran ikut aktif dan tidak sekedar mengikuti pembelajaran saja, akan tetapi tidak memberi kesempatan siswa untuk tidak fokus terhadap proses pembelajaran. Hal ini sangat berbeda dari biasanya hanya disampaikan dengan metode ceramah. Akhirnya hasil belajar siswa kurang optimal. Media alat peraga gambar ini diharapkan dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan hasil : (1) Mean (nilai rata-rata) dari hasil pra siklus, siklus I,siklus II dan siklus III dibandingkan secara keseluruhan. (2) Mean (nilai rata-rata) dari hasil tes praktik wudhu siswa, baik dari gerakan maupun bacaannya dibandingkan untuk mengetahui apakah ada kenaikan hasil praktik dari tahap pertahap.(3) Mean(rata-rata) ketuntasan secara klasikal. Sehingga akan diketahui apakah hipotesis yang diajukan benar atau ditolak. Kemudian untuk mengetahui benar tidaknya hipotesis yang yang diajukan maka dapat dilihat dari perbandingan hasil belajar siswa pra siklus rata rata hasil 62 ketuntasan belajar 50,4%. Mengalami peningkatan siklus I menjadi 66 dengan ketuntasan belajar 69,6% dan meningkat lagi siklus II mencapai nilai rata-rata 70,8 dan ketuntasan belajar 86,9 %. Pada Akhir siklus III kembali meningkat sangat segnifikan dengan rata-rata 72,9 dan ketuntasan belajar 95,6 % hal ini sudah berada diatas target yang diharapkan peneliti dan ketuntasan belajar secara klasikal 85%. Begitupun juga dengan siswa saat praktek berwudhu dari lembar pengamatan guru pada prasiklus dengan presentase siswa telah dapat melakukan wudhu 26% menjadi 56,2% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 78,3% pada siklus II, dan menjadi 91,3% pada siklus III. Dari hasil ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berbunyi bahwa kemampuan wudhu siswa kelas II pada bahasan wudhu akan meningkat jika diterapkan dengan menggunakan media alat peraga gambar di SDN SDN 1 Teluk Kijing Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:17
Last Modified: 29 Sep 2021 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item View Item