Yunita, Menda (2012) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG (STUDI KASUS MODEL TYLER). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
DATA KASET SKRIPSI PUSAT.docx Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Model Penerapan Kurikulum di Madrasah Aliayah 2 Palembang “ partisifasi belajar siswa melalui model Tyler pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang . Model belajar siswa merupakan isyarat cara seseorang dalam proses pembelajaran supaya mencapai tujuan yang diharapkan Kurikulum dapat diartikan sebagai konsep mata pelajaran untuk mencapai tujuan yang menekan pada perkembangan pendidikan. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perepan kurikulum di Madrasah Aliyah 2 Palembang. 2) Penerapan model Tyler di Madrasah Aliyah Negri 2 Palembang. 3) Kendala-kendala yang menjadi penghambat dalam menerapkan model Tyler. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah guru mengunakan model Tyler di sekolah dan mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan partisipasi siswa melalui model Tyler. Jenis penelitian yang dilakukan termaksud penelitian lapangan, sedangkan jenis data yang dihimpun termaksud jenis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu penelitian dengan cara mengambar apa yang menjadi objek yang diteliti. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk mengumpulkan data digunakan teknikn observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Untuk menghanalisis data penulis penulis mengunakan teknik analisi data deskriptif kualitatif dengan cara menelaah data kemudian dideskripsikan, menelaah hasil deskripsi setelah itu di tarik kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dideskripsikan dengan dijabarkan setelah dipersentasikan. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: sebagai bentuk respon terhadap Permendiknas Nomor 24 tahun 2006 pasal 2(3), Mandrasah Aliyah 2 Palembang mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan (KTSP) dengan mengacuh pada standar isi dan Standar Kompetensi Kelulusan. Pengembangan KTSP tersebut berpedoman pada panduan penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan yang dikeluarkan oleh BNSP. hal ini sesuai dengan penyataan sampel menyatakan bahwa guru sudah mengunakan model Tyler yang sesuai dengan pembelajaran, adapun model Tyler yang digunakan di MAN 2 Palembang ini menurut 58 sampel ada 38 orang (65,52%) menyatakan sesuai dengan materi, ada 12 orang (20,69%) menyatakan kadang-kadang sesuai dan menyatakan tidak cocok 8 orang (13,79%), maka dengan ini guru harus mengunakan model Tyler sesuai materi yang disampaikan agar keseimbangan dalam pembelajaran berjalan dengan baik karena model Tyler ini model yang harus mempraktekan, siswa disuruh untuk mempraktekan apa yang dibahas di materi tersebut, misalnya materi sholat siswa harus praktek sholatt dan sebagainya. dari 58 orang sampel mereka menyatakan bahwa kemudahan siswa dalam memahami materi dengan mengunakan model Tyler berjumlah 50 orang(86,19%) dan kesulitan belajar siswa dalam mengunakan model Ttyler 8 orang (13,79%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:20 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 01:20 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14163 |
Actions (login required)
View Item |