PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 44 PALEMBANG

SUSVIANA, JULIA (2014) PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 44 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (102kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV HAL 62-66.docx

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Mind Map terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika pada siswa SMP Negeri 44 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain post-test only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 44 Palembang yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 358 siswa. Dari sembilan kelas populasi diambil 2 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII.9 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga kali pertemuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Di kelas eksperimen pertemuan pertama, kedua diberikan perlakuan berupa metode Mind Map, kemudian pertemuan ketiga diukur dengan post test untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Di kelas kontrol pertemuan pertama, kedua diberikan perlakuan secara konvensional, kemudian pertemuan ketiga diukur dengan post test untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes siswa. Tes dibuat untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa selama diterapkan metode Mind Map didapatkan maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode mind map terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika pada siswa SMP Negeri 44 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item View Item