UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 11 TANJUNG LAGOKECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN

Rahmawati, sumi (2012) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 11 TANJUNG LAGOKECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I-V.doc

Download (369kB)

Abstract

Dalam kegiatan proses belajar-mengajar, motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangatlah penting.Mengingat bahwa dengan memberikan motivasi, pelajar dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif, dan dapat memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. Dalam kaitan itu perlu diketahui bahwa cara dan jenis menumbuhkan motivasi adalah bermacam-macam,termasuk salah satunya dengan penggunaan berbagai upaya pengajaran dalam pembelajaran, jika bahan pelajaran disajikan secara menarik dengan metode yang sesuai, pendekatan yang tepat, maka dapat menggairahkan semangat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif karena siswa aktif di kelas. Kenyataan yang ada di SD Negeri 11 Tanjung Lago, dari hasil pengamatan peneliti, siswa kurang termotivasi dalam belajar. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka skripsi ini mengkaji tentang: 1.Bagaiman motivasi belajar siswa di SD Negeri 11 Tanjung Lago?2.Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 11 Tanjung Lago?3. Faktor apa yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SD Negeri 11 Tanjung Lago? Tujuan dalam penelitian ini adalah:1. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SD Negeri 11 Tanjung Lago, 2. Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 11 Tanjung Lago, 3. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SD Negeri 11 Tanjung Lago. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya, kemudian menyimpulkan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh penulis, yaitu: Pertama: Siswa mempunyai motivasi yang cukup tinggi dalam belajar. Kedua: Upaya yang diterapkan Guru Agama Islam yaitu: (a) Memberi Angka, (b) Hadiah, (c) kompetensi, (d) Kesadaran, (e) Memberi Ulangan, (f) Mengetahui Hasil, (g) Pujian, (h) Hukuman, (i) Hasrat Ingin Tahu, (j) Menimbulkan Minat, (k) Tujuan Yang Dicapai. Ketiga: Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu: (a) Eksternal: Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. (b) Internal: Jasmani; Kesehatan, seperti istirahat yang cukup, tidur yang teratur, makan yang halal, bergizi dan berprotein, rajin berolahraga dan melaksanakan ibarat ritual maupun umum. Rohani; Akal, Minat, bakat, Perhatian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item