DAMPAK ACARA TELEVISI TERHADAP BUDAYA BELAJAR SISWA DI MIN DESA MENANTI KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM

ZAKY, AHMAD (2011) DAMPAK ACARA TELEVISI TERHADAP BUDAYA BELAJAR SISWA DI MIN DESA MENANTI KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI ZAKI YANG ASLI.doc

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan zaman, dunia mengalami kemajuan disertai dengan teknologi serba modern. Salah satu teknologi yang dapat dinikmati saat ini adalah televisi. Hadirnya televisi telah banyak memberikan manfaat maupun mudhorat. Tayangan televisi dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, orang tua, remaja dan anak-anak. Tetapi pemirsa televisi diduga kebanyakan adalah anak usia sekolah. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya jumlah senetron yang ditayangkan oleh televisi. Oleh sebab itu kehidupan para anak remaja sangat menarik perhatian, karena masa remaja ini merupakan masa yang penuh goncangan. Karena pada saat ini remaja suka meniru apa yang ia lihat. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana intensitas siswa dalam menonton acara televisi bagaimana deskripsi budaya belajar siswa di MIN desa Menanti?, apakah intensitas siswa dalam menonton televisi tersebut mempengaruhi budaya belajar siswa di MIN Menanti? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas siswa dalam menonton acara televisi, untuk mengetahui deskripsi budaya belajar siswa di MIN Menanti, serta untuk mengetahui apakah intensitas siswa dalam menonton televisi tersebut menpengaruhi budaya belajar siswa di MIN Menanti. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah yaitu diharapkan berguna bagi bahan rujukan, bacaan, serta dapat menambah khasanah atau wawasan keilmuan dalam menela’ah tentang dampak acara di televisi terhadap budaya belajar siswa., bagi masyarakat pada umumnya, bagi masyarakat desa menanti khususnya guna mengetahui sekaligus mencari solusi dalam menghadapi dampak acara di televisi teutama bagi tingkah laku siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan pengaruh variabel intensitas siswa menonton televisi dan variabel budaya belajar siswa menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah dilakukan analisa data mentah dapat diketahui bahwa hasil dari penelitian ini adalah pertama intensitas siswa menonton televisi dikatagorikan sedang. Kedua tentang budaya belajar siswa di MIN Menanti dikatagorikan sedang. Terakhir terdapat pengaruh positif antara intensitas siswa menonton televisi dan budaya belajar siswa di MIN Menanti yakni pada taraf signifikan 1%=0,304 dan 5%=0,393 sedangkan rxy = 0,304<0,603>0,393 jadi berdasarkan analisa data ini dapat diketahui bahwa intensitas siswa menonton televisi berpengaruh terhadap budaya belajar siswa di MIN Menanti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 600 Teknologi > Teknologi (umum), Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item