UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SDIT AL-FURQON PALEMBANG

YUNINGSIH, YUNINGSOH (2010) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SDIT AL-FURQON PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab I-III.rtf

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (37kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian filed research yang mengkaji masalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SDIT Al-furqon Palembang dan pengaruh upaya guru PAI terhadap kecerdasan emosional siswa SDIT A-furqon Palembang, yang bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SDIT Al-furqon Palembang serta mengetahuipengaruh upaya guru PAI terhadap kecerdasan emosional siswa SDIT A-furqon Palembang. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 39 responden dengan sampel sebanyak 39 responden. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi yang mendukung penelitian, sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah senbagai berikiut : Pertama, upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa sudah cukup baik atau sedang, terlihat dari hasil angket yang disebarkan melaui 10 item pertanyaan kepada 39 responden, didapat 22 orang respondan (56,2%) berada pada kategori sedang dan ditambah lagi dari hasil wawancara penulis kepada guru PAI di SDIT Al-furqon Palembang, bahwa untuk mendukung nilai keagamaan pada siswa, para guru mengadakan kegiatan keagaman yang diharapkan mampu menambah pengetahuan keagamaan siswa/siswi di SDIT Al-furqon Palembang. Kedua, kecerdasan emosional di SDIT Al-furqon Palembang tergolong sedang, hal ini terbukti dari hasil angket yang telah disebarkan sebanyak 10 item kepada 39 responden dan didapat 23 responden (59%) dari 39 siswa menyatakan bahwa kecerdasan emosional SDIT Al-furqon sedang, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa siswa bersikap dan berbicara sopan terhadap semua orang termasuk kepada guru dan sesame teman dan orang-orang disekitarnya dan pengaruh upaya yang dilakukan oleh guru PAI terhadap kecerdasan emosional siswa yaitu pada taraf signifikansi 5% dan 1% hipotesa alternative (Ha) diterima, berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara upara guru PAI terhadap kecerdasan emosional siswa, sedangkan (Ho) ditolak, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara upaya guru PAI terhadap kecerdasan emosional siswa di SDIT Al-furqon Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item View Item