Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Anak Usia 9-12 Tahun Di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat yang dirangkum dalam tiga permasalahan.

ANGLINA, RIA (2011) Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Anak Usia 9-12 Tahun Di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat yang dirangkum dalam tiga permasalahan. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB III.doc

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV Fix.doc

Download (257kB)

Abstract

Peranan orang tua didalam memberikan motivasi belajar terhadap anak merupakan sebuah keharusan yang mesti dijalankan oleh setiap orang tua, keberadaan orang tua akan memberikan dorongan atau motivasi bagi anak-anak mereka dalam belajar. Skripsi yang berjudul Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Anak Usia 9-12 Tahun Di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat yang dirangkum dalam tiga permasalahan. Yakni : a. Bagaimana perhatian orang tua terhadap belajar anak di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, b. Bagaimana motivasi belajar anak di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, c. Bagaimana hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar anak di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: a. Untuk mengetahui perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak dirumah, b. Untuk mengetahui motivasi belajar anak yang berdomisili di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, c. Untuk mengetahui pola hubungan perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak terhadap motivasi belajarnya. Tulisan ini merupakan sebuah telaah lapangan (file research) yaitu sebuah penelitian yang mengambil data-data dari lapangan. Adapun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari data-data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang didapat dari lapangan yang diperoleh selama mengadakan penelitian dan data sekunder adalah data tambahan. Setelah data-data dianalisa maka ditarik kesimpulan terhadap pembahasan skripsi ini. Jadi kesimpulannya adalah : a. Perhatian orang tua terhadap belajar anak di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat adalah perhatian yang tinggi sebanyak 10 orang (18,13%). Perhatian orang tua yang sedang sebanyak 33 orang (60%) sedangkan perhatian yang rendah 12 orang (21,82%). Dengan demikian penulis berkesimpulan perhatian orang tua adalah pada posisi yang sedang, b. Motivasi belajar anak di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan ; nilai tinggi sebanyak 14 orang (24,45%). Anak yang motivasi sedang sebanyak 33 orang (60%) sedangkan yang memperoleh motivasi yang rendah sebanyak 8 orang (14,55%) karena secara keseluruhan motivasi belajar anak di desa Guru Agung masih tergolong sedang, c. Hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar anak di Desa Guru Agung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, bisa dilihat dengan data sebagai berikut: 0,0250 > 0,118 < 0,325, dan perbandingan ini ternyata angka korelasi Product Moment (rxy) yang diperoleh dalam perhitungan yaitu: 0,212 lebih kecil dari pada nilai “r” product moment tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:25
Last Modified: 29 Sep 2021 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item