SUSANTI, ENI (2011) PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 SUNGAI LILIN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
nisa 1.docx Download (12kB) |
|
Text
NISA.docx Download (140kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI), bagaimana hasil evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan apa faktor penghambat dan penunjang pelaksaaan evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 Sungai Lilin Musi Banyuasin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI), untuk mengetahui hasil evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan untuk mengetahui faktor penghambat dan penunjang pelaksaaan evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 Sungai Lilin Musi Banyuasin. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang meliputi pelaksanaan evaluasi dan faktor penghambat dan penunjang pelaksanaan evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 Sungai Lilin Musi Banyuasin, sedangkan data kuantitatif adalah mengenai jumlah tenaga pendidik, jumlah siswa serta sarana dan prasarana pendidikan. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sekunder. Data primer adalah sumber data yang dikumpulkan langsung dari tangan pertama yaitu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 Sungai Lilin Musi Banyuasin yang berjumlah 4 (empat) orang guru, sedangkan data sekunder adalah sumber data yang mendukung berupa bahan-bahan pelaksanaan yang berkenaan dengan pelaksanaan evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pelaksanaan evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 Sungai Lilin Musi Banyuasin adalah : pertama pelaksanaan evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) termasuk kategori baik yang tercermin dalam pelaksanaan tugasnya. Para guru melaksanakan tugasnya dengan baik mulai dari pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mengajar sampai membuat rancangan pelaksanaan evaluasi hingga terlaksananya pelaksanaan evaluasi dan langkah-langkah yang ditempuh setelah evaluasi itu sendiri, yang seluruhnya telah dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Kedua pelaksanaan evaluasi pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 Sungai Lilin Musi Banyuasin dalam pelaksanaannya mempunyai faktor penghambat dan faktor penunjang. Faktor penghambatnya adalah perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran, kurangnya siswa dalam belajar, sedikitnya waktu dalam menyampaikan materi pelajaran dibanding dengan pokok bahasan yang ada dan adanya siswa yang belum bisa membaca Al-qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 06:50 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 06:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14207 |
Actions (login required)
View Item |