UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MI AL- KHOIRIYAH 3 ILIR PALEMBANG

RIYANTI, SUSILA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MI AL- KHOIRIYAH 3 ILIR PALEMBANG. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS.docx

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran sebagai prinsip-prinsip yang mendasari kegiatan dan mengarahkan perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran memegang peranan penting dalam menciptakan mutu pendidkan dan hasil belajar yang maksimal. Dalam hal ini belajar aktif sangat diperlukan oleh peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan bagaimana pola penerapan Media Gambar dalam membaca dan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia di MI Al-Khoiriyah 3 ilir Palembang dan apakah Media Gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Bahasa Indonesia Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah siswa kelas II Ml Al-Khoiriyah 3 ilir Palembang yang berjumlah 18 orang siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, yang di lakukan pada bulan november untuk Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan dan tahap refleksi.Dari hasil tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa karena hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkannya media gambar dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan yang siginifikan. Hal ini dapat di lihat dari : peningkatan total nilai, dimana pada pra siklus nilai ketuntasan siswa 33,33% kemudian naik menjadi 72,22% pada siklus I dan naik lagi menjadi 94,44% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:25
Last Modified: 29 Sep 2021 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item