Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Volume Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Materi Mencari Volume Dan Balok di Kelas V MI Muhajirin Palembang.

Yulian, Sari (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Volume Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Materi Mencari Volume Dan Balok di Kelas V MI Muhajirin Palembang. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (91kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Volume Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Materi Mencari Volume Kubus dan Balok di Kelas V MI Muhajirin Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan menghitung volume pada materi mencari volume kubus dan balok di kelas V MI Muhajirin Palembang dan apakah dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampunan berhitung siswa pada materi mencari volume kubus dan balok di kelas V MI Muhajirin Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan menghitung volume dalam materi mencari volume kubus dan balok di kelas V MI Muhajirin Palembang dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa dalam materi mencari volume kubus dan balok di kelas V MI Muhajirin Palembang. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya kemampuan berhitung siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan rentang nilai kategori baik 14,82%, kategori cukup 40,74% dan kategori kurang 44,44%. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat rentang nilai kategori sangat baik 14,81%, kategori baik 37,04%, kategori cukup 40,74%, dan kategori kurang 7,41%. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat rentang nilai kategori sangat baik 40,74% dan kategori baik 59,26%. Maka setelah melihat perkembangan kemampuan menghitung volume kubus dan balok pada siswa dengan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terdapat peningkatan yang sangat signifikan dengan nilai rata-rata 67,45 pada prasiklus, 76,79 pada siklus I, dan 88,93 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:25
Last Modified: 29 Sep 2021 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14214

Actions (login required)

View Item View Item