UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 3 LEMBAK DESA ALAI KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM

ZIANA, RIZA (2014) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 3 LEMBAK DESA ALAI KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Guru merupakan orang tua kedua bagi siswa setelah memasuki dunia pendidikan dan memberikan suatu ilmu pengetahuan dan bimbingan kepada anak didiknya karena guru juga motivator bagi mereka. Dalam upaya memberikan motivasi kepada siswa seorang guru didasari dengan hati yang ikhlas dan tanpa pamrih. Guru mempunyai peranan penting dalam seluruh upaya pendidikan. Terutama bagi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak yang baik bagi anak didiknya. Judul penelitian dalam skripsi ini menjelaskan dan mengkaji tentang upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau lapangan (fiil research) dimana seluruh data baik primer maupun skunder diambil dari data yang dihasilkan melalui wawancara dan buku yang berhubungan dengan motivasi belajar serta buku terkait lainnya yang kemudian di kumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta kepustakaan, setelah data dikumpulkan kemudian data diproses dan di klasifikasikan serta selanjutnya dianalisa dan di ambil kesimpulan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi blajar siswa di SD Negeri 3 Lembak Desa Alai Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 3 Lembak Desa Alai Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim dan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 3 Lembak Desa Alai Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama :bagaimana motivasi belajar siswa di SD Negeri 3 Lembak Desa Alai, hal ini di sebabkan karena siswa ngantuk pada proses belajar mengajar, suasana kelas yang tidak menyenangkan ketika belajar, tidak mengerjakan tugas dan interaksi antara guru dan siswa tidak begitu baik. kedua : upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 3 Lembak Desa Alai, hal ini terlihat dari cara guru dengan memberikan tugas dan memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi, memberikan hukuman bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas dan dan pada saat mengajar guru selalu menggunakan metode bervariasi serta sumber belajar dan memberikan motivasi dengan bentuk dan teknik evaluasi seperti shalat. Ketiga : faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 3 Lembak Desa Alai adalah faktor kesehatan jasmani dan rohani siswa, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah serta faktor lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:26
Last Modified: 29 Sep 2021 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14216

Actions (login required)

View Item View Item