PENGGUNAAN MEDIA VISUAL REALIA MELALUI ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DI KELAS IV MI AN-NUUR PALEMBANG

Susilawati, Susilawati (2013) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL REALIA MELALUI ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DI KELAS IV MI AN-NUUR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SUSLIAWATI ANNUR wisuda.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SUSIALWATI .pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SISUALW ANUR.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SUSILAWATI.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V susilawati.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan:bagaimana hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan mata pelajaran IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur Palembang sebelum diterapkanya media pembelajaran Visual Realia melalui alat peraga alamiah, bagaimana hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan mata pelajaran IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur Palembang setelah diterapkanya media pembelajaran Visual Realia melalui alat peraga alamiah dan apakah dengan menerapkan media pembelajaran Visual Realia melalui alat peraga alamiah dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan mata pelajaran IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur Palembang? Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dengan tujuan untuk untuk memperbaiki pembelajaran dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang di lakukan selama 2 bulan pada semester dua tahun ajaran 2013/2014. Sumber data dalam penelitian ini adalah Observer, Siswa dan Guru. Sementara penelitian ini menggunakan analisis penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang di peroleh dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas belajar yang di capai siswa. Berdasarkan penelitian dan perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan melalui penelitian tindakan kelas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur Palembang sebelum diterapkanya media Visual Realia melalui alat peraga alamiah rendah yaitu Sebelum diterapkannya media Visual Realia pada pratindakan skor total hanya mencapai 1880, Sebelum diterapkannya media Visual Realia Perolehan nilai berdasarkan KKM adalah pra siklus yang hanya 4 orang dan sebelum diterapkannya media Visual Realia dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata hanya 56.9, Hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan mata pelajaran IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur Palembang setelah diterapkanya media pembelajaran Visual Realia melalui alat peraga alamiah yaitu Total Nilai Siswa, dimana pada siklus 1 naik menjadi 2225 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 2645 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 2815, kemudian peningkatan nNilai berdasarkan KKM, pada siklus 1 naik menjadi 15 anak dan pada siklus 2 naik signifikan menjadi 31 anak dan pada siklus 3 meningkat menjadi 33 anak atau sudah 100% tuntas klasikal. dan peningkatan nilai rata-rata pada siklus I menjadi 67.4 dan pada siklus II menjadi 80 dan siklus III meningkat menjadi 85.3. Dengan demikian penerapan media pembelajaran Visual Realia melalui alat peraga alamiah dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan mata pelajaran IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:26
Last Modified: 29 Sep 2021 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14220

Actions (login required)

View Item View Item