UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT FARDHU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 13 SUMBER MARGA TELANG

Purwito, Purwito (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT FARDHU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 13 SUMBER MARGA TELANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PURWITO (Word).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktik Shalat Fardhu Melalui Model Pembelajaran Explicit Intruction pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 13 Sumber Marga Telang”. Penelitian dilaksanakan berangkat dari perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreatifitas mengajar Guru PAI di Sekolah Dasar sebagai respon atas rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada materi/pelajaran praktik shalat fardhu melalui proses belajar menggunakan metode yang biasa diterapkan oleh guru sebelumnya. Proses belajar sebelumnya tidak seluruh siswa dilibatkan praktik secara langsung, hanya beberapa anak saja yang ditunjuk untuk memeragakan. Berdasarkan hasil observasi (Prasiklus) dengan menggunakan metode demonstrasi atau dengan cara yang sama, ternyata dari 26 anak hasilnya dinilai dari segi “ketuntasan” hanya ada 9 anak atau 34,6%nya yang termasuk dalam kategori belajar tuntas dan dari segi “kemampuan” hanya 3 anak atau 11,5%nya yang tergolong mampu. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa tersebut alternatif yang dipilih adalah menggunakan model pembelajaran explicit intruction sebagai solusi yang dianggap tepat untuk mengatasi permasalahan. Untuk mendapatkan jawabannya, maka dibuktikan melalui penelitian sebanyak dua kali (dua siklus) dan selama dalam proses didampingi oleh teman sejawat yaitu Ahmat Shodikin, S.Pd.SD. selaku kolaborator yang mengamati jalannya kegiatan, agar jika terjadi kesalahan dalam menerapkan model atau hal lain yang dapat menjadikan sebab kurang maksimalnya hasil dapat diindentifikasi, guna dijadikan dasar sebagai bahan perbaikan. Setelah dilakukan penelitian pada siklus pertama ternyata benar, bahwa terjadi peningkatan hasil. Jumlah siswa pada siklus ini yang termasuk dalam kategori tuntas meningkat menjadi 24 anak atau 92,3%, dan dalam kategori mampu menjadi 13 anak atau 50%. Sebenarnya angka tersebut sudah menunjukkan keberhasilan, namun berhubung dari hasil pengamatan selama proses kolaborator menemukan titik lemah yang perlu diperbaiki maka sesuai dengan rencana penelitian tetap dilanjutkan pada siklus berikutnya agar mendapatkan hasil yang lebih. Dengan memperhatikan kekurangan pada siklus sebelumnya dan dilakukan perbaikan, maka pada siklus kedua hasilnya nyaris sempurna. Dari segi ketuntasan belajar siswa 100% tuntas, dari segi kemampuan 24 anak yang termasuk dalam kategori mampu atau 92,3%nya. Berarti tinggal menyisakan 2 anak lagi yang belum mampu. Berdasarkan pencapaian hasil belajar dari data-data tersebut dapat disimpulkan, bahwa upaya untuk meningkatkan kemampuan praktik shalat fardhu melalui model pembelajaran explicit intruction pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 13 Sumber Marga Telang dapat dinyatakan “berhasil”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:26
Last Modified: 29 Sep 2021 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item