PENGARUHPENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PLANTAE DISMA YPPG TANJUNG RAJA

NOPITASARI, YULI (2014) PENGARUHPENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PLANTAE DISMA YPPG TANJUNG RAJA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yuli.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian kuantitatif ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping dinilai menarik bagi siswa serta dapat menciptakan situasi yang menyenangkan bagi siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Melalui pembelajaran ini diharapkan agar siswa menjadi termotivasi sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi PLANTAEdi SMA YPPG Tanjung Raja. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para guru yang mengajar agar guru dapat menerapkan metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar siswa sehingga metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru ini benar-benar dapat memudahkan belajar sehingga keberhasilan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Febuari sampai 3 Maret 2014 di SMA YPPG Tanjung Raja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, rancangan penelitian adalahPosttest- OnlyControl Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. 29 orang dari kelas eksperimen dan 28 orang dari kelas kontrol. Untuk mendapatkan data, penulis memberikan tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta untuk analisis data yang digunakan adalah rumus uji “t”.Hasil penelitian ini yaitu, Pertama, Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi pada Materi Plantae di SMAYPPG Tanjung Raja. Kedua, Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi pada Plantae dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping lebih baik dari pada hasil Belajar siswa yang menggunakan Metode pembelajaran ceramah pada mata Pelajaran Biologi Materi Plantae. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis posttes dengan menggunakan rumus uji “t” bahwathitung>ttabel (5,93>199), hal ini berarti hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:27
Last Modified: 29 Sep 2021 06:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14223

Actions (login required)

View Item View Item