IDENTIFIKASI GULMA PADA PERKEBUNAN KARET (Hevea brasiliensis Muell Argl.) DI DESA IBUL DALAM KECAMATAN RAMBANG KUANG KABUPATEN OGAN ILIR DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA/MA

UMITASARI, RISA (2014) IDENTIFIKASI GULMA PADA PERKEBUNAN KARET (Hevea brasiliensis Muell Argl.) DI DESA IBUL DALAM KECAMATAN RAMBANG KUANG KABUPATEN OGAN ILIR DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2. Bab 1-5.docx

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai Identifikasi Gulma Pada Perkebuanan Karet (Hevea brasiliensis Muel Argl.) di Desa Ibul Dalam Kecamatan Rambang Kuang KAbupaten Ogan Ilir. Penelitian ini bisa digunakan sebagai media Pembelajaran dan sebagai informasi tentang jenis-jenis gulma pada tanaman Karet. Produksi karet di Desa Ibul Dalam Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir tergolong renda dan banyak gulma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gulma terhadap produksi karet, perlu dilakukan identifikasi jenis-jenis gulma. Penelitian dilakukan pada 18 sampai dengan 30 Juni2014. Jenis Penelitian ini merupakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan Metode transek garis (Line Transect). Lokasi penelitian dengan 100.000 m2. Transek garis berukuran 50 meret sebanyak 20 plot berselang-seling. Hasil penelitian mendapatkan gulma yang terdiri dari 2 divisio, 3 kelas, 7 ordo, 8 familia, dan 9 spesies. Gulma tersebut terdiri dari 4 kelompok. Kelompok teki dengan spesies Cyperus difformis L. (Rumput Teki). Kelompok berdaun lebar dengan spesies Ageratum conyzoides L.(Rumput Amis), Viola odorata L. (Antana), Melastoma affine D. Don. (Senduduk), Mimosa pudica L. (Putri Malu) dan Passiflora foetida L. (Rambusa). Kelompok berdaun sempit dengan spesies Axonopus compressus (Sw.) Beauv. (Jukut), dan Imperata cylindrica L. (Alang-alang). Kelompok paku-pakuan dengan spesies Gleichenia linearis Clarke.(Paku Rasam). Gulma yang paling dominan dan sangat berpengaruh terhadap produksi getah karet adalah Imperata cylindrica L. Cara menanggulangi gulma Imperata cylindrica L. dengan menyemprotkan herbisida atau pembabatan pada akar-akar tumbuhan tersebut. Kata Kunci: Identifikasi Gulma, Perkebunan Karet, Ibul Dalam Rambang Kuang Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:42
Last Modified: 29 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item